SAM Multi Applet Akan Mulai Diberlakukan di Tol Bali-Mandara

oleh
Secure Access Module(SAM) akan mulai diberlakukan oleh PT Jasamarga Bali denga menginstal SAM multi applet pada 20 gardu yang terdapat di Tol Bali Mandara. Jumat (08/09/2017).(Foto Khadafi.
banner 300250

BADUNG, SUSRABALI.COM – PT Jasamarga Bali akan mulai memberlakukan Secure Access Module(SAM) dengan menginstal SAM multi applet pada 20 gardu yang terdapat di Tol Bali-Mandara.

SAM multi applet ini adalah simcard untuk membaca transaksi uang elektronik (u-nik) sekaligus untuk pengamanan atau otorisasi transaksi u-nik.  SAM multi applet sebagai penunjang transaksi menggunakan u-nik yang diberlakukan di seluruh ruas jalan tol di Indonesia oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Persiapan teknis dan uji coba di workshop sudah selesai,” terang Humas PT Jasa Marga Tol Bali Mandara, Drajat Heri Suseno ketika dikonfirmasi via telpon. Jumat, (08/09/2017).

Drajat jmenyampaikan, terinstalnya SAM multi applet akan dapat membaca transaksi u-nik baik produk e-Money, Tapcash, Brizzi, dan Flazz. Dari sisi pengguna jalan tol, kata dia, transaksi menggunakan u-nik akan lebih mudah, cepat, praktis, dan nyaman. Saat ini, Jalan Tol Bali-Mandara mengoperasikan tiga gerbang tol yang terdiri dari 20 gardu tol.

“Itu terdiri dari 11 gardu tol otomatis (GTO), dan 9 gardu tol manual (bayar tunai). Namun, kesembilan gardu tol manual tersebut juga bisa melayani pembayaran nontunai,” imbuhnya.

Transaksi tunai ke non tunai Tol Bali-Mandara  akan dimulai  tanggal 1 Oktober 2017.

“Sekarang sedang promo diskon tarif tol 10 persen bagi pengguna u-nik. Selain itu, dari pihak bank juga mengeluarkan promo yaitu harga u-nik yang semula Rp 20 ribu menjadi Rp 10 ribu. Jadi, kalau beli u-nik Rp 50 ribu, isi saldo Rp 40 ribu,” jelas Drajat.(mkf)