RSUD Karangasem Rusak Akibat Gempa 7 SR di Lombok

oleh
RSUD Karangasem. (Ist)
banner 300250

Karangasem, suarabali.com – Gempa 7,0 SR yang mengguncang Lombok juga terasa kuat di Bali. Bahkan, sejumlah bangunan di Pulau Dewata dilaporkan mengalami kerusakan. Satu di antaranya bangunan yang rusak adalah RSUD Karangasem.

“Kerusakan bangunan RSUD Karangasem akibat gempa 7 SR dengan pusat gempa 18 km barat laut Lombok Timur,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam cuitannya, Minggu (5/8/2018).

Sutopo juga menyertakan video yang menunjukkan kondisi bagian dalam rumah sakit itu. Situasi rumah sakit tampak sepi, tetapi kondisinya berantakan. Tampak bagian tembok rontok dan tercecer di lantai.

“Intensitas gempa dirasakan VI MMI di Karangasem. Umumnya bangunan mengalami kerusakan jika diguncang gempa di atas VI MMI,” imbuh Sutopo.

Gempa 7 SR terjadi pada pukul 18.46 WIB. Sejam kemudian atau tepatnya pada 19.49 WIB, gempa susulan terjadi dengan kekuatan 5,6 SR.

Peringatan tsunami sempat diterbitkan BMKG. Ketinggian tsunami diprediksi tidak sampai setengah meter. Namun, kini peringatan tsunami sudah dicabut. (*)