Rayakan HUT Ke-61, Prajurit Kodam Udayana Sumbangkan Darah

oleh
Para prajurit dan PNS Kodam Udayana donor darah. (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Kodam IX/Udayana menggelar kegiatan donor darah di Ball Room Discovery Kartika Plaza, Senin (14/5/2018). Kegiatan sosial ini merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT ke-61 Kodam IX/Udayana yang jatuh pada 27 Mei 2018.

HUT Kodam Udayana kali ini mengusung tema: Kodam IX/Udayana Bersama Komponen Bangsa Lainnya Siap Mewujudkan Wilayah Bali Nusra Aman, Damai Dan Sejahtera.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) Udayana Kolonel Inf. J. Hotman Hutahaean mengatakan banyak kegiatan yang sudah dan akan dilaksanakan terkait HUT Kodam Udayana.  Seperti kegiatan karya bakti yang melibatkan ribuan prajurit dan PNS di lingkungan Kodam Udayana berbaur dengan Pemda dan masyarakat bergotong royong membersihkan lingkungan di kawasan pesisir pantai Tanjung Benoa, Nusa Dua.

Juga donor darah bekerjasama dengan PMI Cabang Provinsi Bali. Dalam kegiatan ini, ratusan prajurit dan PNS Kodam Udayana  serta anggota Persit Kartika Chandra Kirana berpartisipasi menyumbangkan darahnya. “Hasilnya akan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui PMI Cadang Provinsi Bali,” katanya.

Menurut Kapendam, kegiatan kemanusiaan ini merupakan wujud perhatian, partisipasi, dan kebersamaan dalam menumbuhkan rasa solidaritas sosial dengan memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan darah.

“Sudah sepatutnya ditumbuhkan dan dipupuk. Karena dengan menyumbangkan darah pada hakekatnya mempunyai manfaat ganda. Selain bermanfaat bagi si penerima untuk keselamatan jiwanya, pendonor pun mendapatkan manfaat, karena dengan melaksanakan donor secara teratur sangat bermanfaat bagi kesehatan si pendonor,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto hadir membuka kegiatan donor darah. Pangdam miminta donor darah dijadikan sebagai gaya hidup yang menyehatkan, bukan suatu hal yang menakutkan.

“Donor darah memiliki manfaat positif bagi pendonor, antara lain menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologis, dan mendeteksi penyakit serius secara dini,” kata Mayjen TNI Benny Susianto.

Rangkaian kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan Kodam Udayana, di antaranya, ziarah ke Taman Makam Pahlawan. Ziarah ini mengandung makna yang dalam untuk memberikan penghargaan dan penghormatan kepada para pahlawan yang telah berkorban jiwa dan raga demi kelangsungan bangsa dan negara Indonesia. Sekaligus memohon restu untuk melanjutkan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan dengan pembangunan yang  bermanfaat.

Ada juga kegiatan anjangsana dengan mengunjungi para Warakawuri, para pensiunan untuk saling menjaga silaturahmi. Juga mengunjungi panti-panti asuhan sebagai wujud kepedulian Kodam Udayana terhadap para penghuni panti yang sesungguhnya masih banyak membutuhkan sentuhan perhatian dan bantuan, baik dari pemerintah maupun dari komponen masyarakat lainnya.

Puncak peringatan HUT Kodam Jaya akan diadakan acara syukuran pada 28 Mei 2018 di Makodam Udayana. (*/Sir)