Rai Mantra: Generasi Muda Harus Cintai Produk Lokal

oleh
banner 300250

Denpasar, Suarabali.com – Pemkot Denpasar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Denpasar menjadikan ajang Duta Endek sebagai event tahunan. Hal ini untuk memacu kreativitas anak muda yang menyukai tantangan dan daya eksplorasi tinggi. Kegiatan ini sekaligus untuk mencari bakat dan memberikan kesempatan kepada anak muda untuk mengenal produk tenun ikat endek

Pada ajang pemilihan Duta Endek Denpasar yang berlangsung di Hotel Aston Denpasar, Sabtu malam (7/10) , Arik dan Gea berhasil menyisihkan 12 peserta putra dan 12 peserta putri. Pemilik nama lengkap I Putu Arik Alfian Wikancana dan Ayu Putu Gea Kanaya Pinatih ini berhasil menjawab pertanyaan dari lima orang juri dan dari Walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra, serta dan Ketua Dekranasda Denpasar I.A Selly Dharmawijaya Mantra  yang menjadi Juri kehormatan pada malam grand final itu.

“Generasi muda harus mencintai produk lokal dengan termotivasi dan terinspirasi dalam pengembangan ekonomi kreatif berbasis budaya ini,” ujar Walikota Rai Mantra usai menyerahkan penghargaan kepada Duta Endek Denpasar.

Dalam pengembangan aplikasi endek, Rai Mantra akan melakukan pemberdayaan anak muda bersama desainer-desainer Denpasar yang terus berkembang, mulai dari aplikasi Endek menjadi fesyen tradisi, nasional hingga internasional.

“Ke depan optimistis kain tenun ikat endek terus berkembang dan berdaya saing di nasional maupun Internasional,” ujarnya.

Ketua Dekranasda Denpasar I.A Selly Dharmawijaya Mantra mengatakan, perkembangan endek sudah mulai digemari anak-anak muda serta telah menjadi tren fesyen.

Sementara itu, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Wayan Gatra mengatakan,  Duta Endek sebagai peningkatan inovasi produk lokal dengan mengangkat tema “Endek is True Quality”’ yang didukung penuh setiap tahunnya oleh walikota untuk menumbuhkan rasa cinta dan kebanggaan di kalangan remaja. Selain tiu juga untuk mempromosikan dan mensosialisasikan  ragam endek sebagai produk kearifan lokal serta menjadi salah satu potensi unggulan Kota Denpasar. (Drn )