Puluhan Kubik Sampah Mendarat di Kawasan Pantai Denpasar

oleh
Seorang warga mengangkut sampah kiriman di kawasan Pantai Sanur, Minggu (29/4/2018). (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Sampah kiriman yang didominasi ranting pohon dan plastik kembali menumpuk di kawasan Pantai Padang Galak, Pantai Matahari Terbit, Pantai Sanur hingga Pantai Mertasari pada Minggu (29/4/2018).  Kondisi ini membuat petugas kebersihan berjibaku membersihkan pantai tersebut.

Untuk membersihkan ‘serangan’ sampah di sejumlah pantai tersebut, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar bahu-membahu dengan DLHK Provinsi Bali dan masyarakat setempat. Mereka memungut dan mengangkut sampah plastik yang berserakan.

“Kembali kita melakukan pembersihan sampah kiriman di beberapa kawasan pantai Sanur yang didominasi sampah plastik dan ranting pohon,” ujar  Koordinator Kebersihan DLHK Kota Denpasar Wayan Suartana.

Menurut dia, sampah kiriman tersebut terbawa gelombang ombak tinggi yang terjadi beberapa hari belakangan. Kondisi ombak besar di seputaran Sanur membuat sampah kiriman terus bermunculan. “Paginya kita bersihkan, sorenya pasti akan ada lagi sampah kiriman di pesisir pantai,” ujarnya.

Khusus di Pantai Matahari Terbit, aksi membersihkan sampah kiriman itu telah dilakukan sejak Sabtu (28/4/2018) hingga Minggu (29/4/2018). Dengan melibatkan ribuan personil, sampah kiriman yang terkumpul mencapai 4 truk.

Satu truk yang digunakan petugas mampu menampung sampah sebanyak 6 kubik hingga 8 kubik. Sehingga, dalam sehari sampah yang diangkut mencapai 32 kubik.

“Pembersihan sampah ini juga didukung penuh DLHK Provinsi Bali dan masyarakat sekitar serta pengunjung Pantai Sanur yang peduli kebersihan,” ujarnya.

Dia menegaskan pihaknya terus mamantau dan bersiaga mengantisipasi sampah kiriman. Dia juga berharap masyarakat terus meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarang. (*/Sir)