Provinsi Yunnan Ajak Bali Kerja Sama Ekonomi dan Pariwisata

oleh
Wakil Ketua Komite Tetap Provinsi Yunan Mr. Li Pei saat bertemu Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace), Senin (13/5/2019). (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Pemerintah Provinsi Yunnan, Tiongkok, mengajak Pemerintah Provinsi Bali untuk menjajaki kerja sama di bidang ekonomi dan pariwisata. Ajakan itu disampaikan oleh Wakil Ketua Komite Tetap Provinsi Yunan Mr. Li Pei saat bertemu Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace), Senin (13/5/2019).

Dalam pertemuan itu, Mr. Li Pei didampingi jajaran delegasi Provinsi Yunnan yang terdiri dari para Konsul Jenderal dan Wakil Konsul. Li Pei mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang terjalin baik sejak 2003. Dia juga berharap hubungan yang sudah terjalin lebih erat lagi, khususnya di bidang pariwisata.

Li Pei memaparkan antusiasme yang besar dari warganya terhadap Provinsi bali sebagai destinasi pariwisata yang secara geografis dikelilingi pantai, mengingat Yunnan dikelilingi oleh daratan.

Li Pei juga menyampaikan keinginannya mengundang Wagub Cok Ace secara khusus menghadiri agenda tahunan China South Asia Expo yang akan dilaksanakan pada 12-18 Juni 2019, sekaligus mengundang lebih banyak peserta asal Bali untuk ikut serta membuka stand pameran. Sebab, selama penyelenggaraan sebelumnya peserta dari Bali hanya berkisar 10 orang dan barang yang dipamerkan pun masih sedikit.

Li Pei juga berharap dapat membuka jalur penerbangan langsung dari Yunnan ke Bali setelah dia melihat secara langsung standar pelayanan di Bandara Ngurah Rai.

Selain itu, sebagai terobosan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan Yunnan ke Bali, pihaknya juga membuat inovasi teknologi dimana dengan ponsel, wisatawan Yunnan akan lebih mudah memesan hotel, penerbangan, restoran sampai mengakses terjemahan bahasa.

Selain itu, jika ada permasalahan, para wisatawan juga dapat memberikan pengaduan kepada Pemerintah Yunan dan akan ditanggapi minimal 30 menit setelah pengaduan. Li Pei berharap dengan teknologi tersebut akan lebih meningkatkan jumlah wisatwan Yunan yang datang ke Bali.

Sementara Wagub Cok Ace menyatakan keseriusannya. Dia berencana mengajak para pengusaha asal Bali untuk melihat peluang bisnis yang dikerjasamakan. Mengenai Expo yang akan diselenggarakan Provinsi Yunnan, Wagub Cok Ace menyatakan dukungannya, tetapi belum bisa memastikan ikut serta, karena masih perlu mempelajari expo yang dilaksanakan terkait jenis barang atau merupakan pameran kebudayaan.

Selain itu, Cok Ace juga menyampaikan kerja sama antara Bali dan Yunan tidak hanya dilakukan di bidang pariwisata, tapi juga bidang budaya. Menurut dia, dilatar-belakangi cerita sejarah Kang Cing Wi yang beredar di Bali dan banyak masyarakat Bali yang mengadopsi budaya Cina.

Menurut dia, hal itu dapat dijadikan potensi kerja sama. Mislanya, wisata budaya masyarakat Yunnan ke Bali. Sehingga, masyarakat yang berkunjung tidak hanya menikmati pesona alam yang ada di Bali melainkan juga mendalami budaya yang ada di Bali.

“Saya juga mengundang warga Yunnan untuk menghadiri event tahunan Bali, yaitu Pesta Kesenian Bali yang akan dilaksanakan bulan Juni mendatang,” ungkapnya. (*)