Polrestabes Surabaya Ringkus Dua Pengedar Sabu Jaringan Cina

oleh
Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Luki Hermawan (tengah) memperlihatkan barang bukti sabu yang disita dari dua pengedar yang ditangkap Satres Narkoba Polrestabes Surabaya. (Ist)
banner 300250

Surabaya, suarabali.com – Satres Narkoba Polrestabes Surabaya menangkap dua pengedar narkoba jaringan China. Dari kedua tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti berupa sabu seberat 6,251 kilogram.

Kedua tersangka tersebut berinisial AM (41), warga Jalan Ahmad Yani, Sidoarjo, dan MM (19), warga Jalan Hasanudin, Pasuruan.

“Kedua pelaku diamankan dari salah satu perumahan di wilayah Sidoarjo,” kata Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Luki Hermawan, didampingi Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol. Rudi Setiawan dan Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol. Frans Barung Mangera.

Dari kedua tersangka, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa sabu seberat 6,251 kilogram yang ditemukan dalam sebuah koper yang dikemas dalam 42 paket plastik, satu buah timbangan besar, satu buah handphone, dan satu buah ATM.

Kapolda Jatim menjelaskan, barang haram tersebut berasal dari luar negeri. Kemudian, dikirim lewat darat melalui Riau. Kedua pelaku yang berhasil diamankan memiliki hubungan kekeluargaan, yakni merupakan paman dan keponakan. Salah satunya merupakan residivis kasus yang sama dan pernah divonis 15 tahun penjara dan di tahan di Lapas Nusakambangan.

Dalam perkara ini, kedua pelaku dijerat pasal 114 ayat (2) subsider Pasal 112 ayat (2) dan ayat (1) jo Pasal 132 ayat (1) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. (*)