Polres Rote Ndao dan Apindo Sumbangkan APD untuk Tenaga Medis

oleh
Kapolres Rote Ndao AKBP Bambang Hari Wibowo bersama Bhayangkari Cabang Rote Ndao dan Ketua Apindo Rote Ndao Jianfri Elim menyerahkan bantuan APD kepada para dokter dan tenaga medis di Puskesmas Oelaba dan Puskesmas Busalangga, Kamis (23/4/2020). (Ist)
banner 300250

Rote Ndao, suarabali.com – Polres Rote Ndao bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Rote Ndao menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa baju hazmat dan face shield kepada para dokter dan tenaga medis di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT).


Bantuan diserahkan oleh Kapolres Rote Ndao AKBP Bambang Hari Wibowo bersama Bhayangkari Cabang Rote Ndao dan Ketua Apindo Rote Ndao Jianfri Elim di Puskesmas Oelaba dan Puskesmas Busalangga, Kamis (23/4/2020).

Kapolres Rote Ndao AKBP Bambang Hari Wibowo mengatakan pihaknya menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau COVID-19.

“Pemerintah dan TNI – Polri tidak bisa bergerak sendiri dalam memerangi COVID-19. Perlu adanya uluran tangan dari berbagai pihak. Kita bersyukur saat ini Polres dan Bhayangkari dapat menggandeng donatur dari rekan-rekan Apindo dalam pengadaan APD untuk tenaga medis yang membutuhkan,” kata Bambang.

Menurut dia, minimnya APD dan masker untuk para dokter dan tenaga medis merupakan persoalan serius yang harus mendapat perhatian bersama. Selama ini, kata dia, sebagian dokter dan tenaga medis masih menggunakan jas hujan yang dibeli secara swadaya untuk melindungi diri mereka dari paparan virus saat bertugas.

“Ini bukan main-main, karena berhubungan dengan nyawa. Sebelum menangani masyarakat, kita tentu harus berupaya melindungi para dokter dan tenaga medis lainnya terlebih dahulu,” ujarnya.

Untuk itu, Bambang meminta para dokter dan tim medis tetap semangat menjalankan tugasnya sebaga garda terdepan dalam penanganan COVID-19. “Kita berharap tidak ada masalah apa-apa. Jika dokter dan tenaga medis semangat, kita juga tambah semangat. Kalau mereka tak semangat, kita juga jadi waswas,” imbuh Kapolres.

Sementara dr. Patmi Wulandari, dokter di Puskesmas Oelaba, mengaku sejak pandemi COVID-19 baru kali ini pihaknya menerima bantuan APD. Itu sebabnya, dia menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan.

“Jujur saja Bapak Kapolres, sejak adanya pandemi Corona, kami dan tenaga medis lainnya saat menjalankan tugas, khususnya dalam pelayanan kesehatan, hanya menggunakan masker dan sarung tangan. Namun sekarang, dengan adanya bantuan Alat Pelindung Diri ini, sangat membantu kami. Untuk itu, kami ucapkan limpah terima kasih kepada Polres, Bhayangkari, dan donatur dari Apindo, “ kata dr. Wulan.

Dia berharap kedepan ada pihak-pihak lain yang juga peduli terhadap keselamatan para dokter dan tenaga medis dalam menangani COVID-19, khususnya di wilayah Rote Ndao. “Kami merupakan petugas yang bersentuhan langsung dengan pasien. Sekarang dengan adanya APD ini, kami merasa tenang dalam menjalankan tugas. Untuk itu sekali lagi kami ucapkan terima kasih,” tutupnya. (Tjg/Sir)