Polda Bali Ringkus Sindikat Skimming ATM Asal Burgaria

oleh
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Polda Bali meringkus lima warga negara Bulgaria yang membobol mesin ATM di sejumlah tempat di Bali.

Direktur Reskrimum Polda Bali Kombes Pol. Andi Fairan mengatakan para pelaku melakukan kejahatannya dengan modus skimming di ATM Bank Mandiri Wanamart Labuan Sait, Peccatu, Uluwatu, ATM Bank Mandiri SPBU Teras Ayung Denpasar, ATM Bank Mandiri Padang Bay, Manggis, Karangasem, ATM Bank Mandiri SPBU Imam Bonjol, ATM Bank Mandiri Batu Bolong.

Dalam aksinya mereka menggunakan skiming untuk membobol  ATM dibeberapa lokasi dibali,Ujar SIK. MSM,

“Para pelaku terdiri dari enam orang. Lima orang telah diamankan dan satunya melarikan diri,” kata Andi Fairan,  Kamis (7/2/2019).

Lima pelaku yang tertangkap adalah Ivaylo Filipov Trivonov, Goerge Jordanov Jordanov, Todor Krasimirov Dobrev, Andrey Iliev Peytchev, dan Varadin Nikolaev Popov.

Menurut Andi Fairan, para pelaku melakukan aksinya  menggunakan alat skimming untuk merekam data-data nasabah dan nomor PIN.

“Dalam aksinya, mereka berhasil mengambil uang nasabah bank sebanyak Rp 778 juta,” ujarnya.

Untuk mengungkap kasus tersebut, Tim Resmob melakukan pembuntutan selama satu pekan. Pada 3 Februari 2019 sekitar pukul 04.30 WITA, polisi berhasil mencegat mobil pelaku di jalan Tirta Gangga, Uluwatu.

Saat diperiksa, polisi menemukan sejumlah kartu ATM palsu yang ditempeli angka-angka yang diduga nomer PIN nasabah yang telah di-skimming sebelumnya.

“Kami melakukan penggeledahan di rumah pelaku, ditemukan kartu ATM dengan jumlah lebih banyak dan uang,” imbuhnya. (Val)