Polairud Polda Bali Punya Kapal Pengintai, Ini Keunggulannya

oleh
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Polda Bali terus berbenah untuk meningkatkan kinerjanya melayani masyarakat. Kali ini Direktorat Polairud Polda Bali yang mendapatkan dukungan peralatan guna meningkatkan kinerjanya.

Dukungan tersebut berupa armada baru satu unit kapal jenis Hovercraft XI-2017.  Penggunaan kapal yang diberi nama Kapal Polisi Prawira Raksa Ghora (PRG) ini diresmikan oleh Kapolda Bali Irjen Pol. Petrus Reinhard Golose, Rabu (20/2/2019).

Kapal itu mempunyai spesifikasi teknis yang dapat digunakan di darat, air, dan lumpur dengan kapasitas sembilan orang.

Kapal itu juga memiliki kemampuan melewati medan yang berat sampai dengan 40-50 cm dari permukaan tanah. Juga dilengkapi pelindung yang terpasang pada bantalan udara di bagian kanan dan kiri.

Selain itu, Kapal Polisi Prawira Raksa Ghora juga dilengkapi kamera surveillance untuk pencitraan panas yang berfungsi sebagai pengintai, patroli, pengamatan, dan pencarian dalam kondisi cuaca yang berkabut, berasap, malam hari, dan gelap.

“Kapal Polisi Prawira Raksa Ghora adalah satu-satunya kapal Hovercraft yang ada di Bali yang merupakan distribusi Mabes Polri dan tidak setiap Polda mendapat distribusinya. Dari 14 unit yang didistribusikan, Polda Bali mendapat satu unit,” kata Direktur Polairud Polda Bali Kombes Pol. Hadi Purnomo di Mako Pospol Polair Serangan, Denpasar Selatan, Rabu (20/2/2019).

Mantan Kapolresta Denpasar ini menjelaskan, saat ini Direktorat Polairud Polda Bali memiliki 12 unit kapal, yaitu 5 unit di Pelabuhan Benoa, 1 unit di Pelabuhan Celukan Bawang, 2 unit di Pospol Polair Kubu Karangasem, 1 unit di Pelabuhan Padang Bai Karangasem, dan 3 unit di Dermaga Serangan, termasuk Kapal Polisi Prawira Raksa Ghora.

Dengan jumlah kapal itu, Dit Polairud Polda Bali  berkomitmen melaksanakan tugas-tugas kepolisian, terutama di perairan, sepanjang pesisir Pulau Bali, termasuk Pulau Nusa Penida yang menjadi pulau terluar di Provinsi Bali.

“Selain itu, kapal polisi ini juga disiapkan sebagai penunjang dalam pelaksana tugas-tugas operasi kepolisian yang bersifat nasional maupun internasional, termasuk mendukung pelaksanaan pengamanan pesta demokrasi Pilpres dan Pileg tahun 2019,” kata Kombes Pol. Hadi Purnomo.(*)