Pesan Inspiratif Ini Disampaikan Koster Saat Pelantikan Pengurus ICSB Bali

oleh
Gubernur Bali Wayan Koster menghadiri acara pelantikan pengurus International Council Small Business (ICSB) kabupaten/kota se-Bali di Gedung Wiswa sabha, Denpasar, Sabtu (17/11/2018). (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Gubernur Bali Wayan Koster menghadiri acara pelantikan pengurus International Council Small Business (ICSB) kabupaten/kota se-Bali di Gedung Wiswa sabha, Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Sabtu (17/11/2018).

Dalam kesempatan itu, Wayan Koster mengajak seluruh pengurus dan anggota ICSB kabupaten/kota se-Bali untuk bersinergi membangun dan memajukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Bali. Sehingga, keberadaan UMKM bisa menjadi salah satu tulang punggung perekonomian Bali.

Sebagai daerah tujuan pariwisata dunia, kata Koster, Bali memilki pasar yang sangat potensial untuk pengembangan UMKM. Apalgi ditambah dengan inovasi dan kreasi masyarakat Bali yang luar biasa. “Sesungguhnya sektor UMKM merupakan sektor yang menjanjikan bagi perekonomian Bali,” katanya.

Untuk itu, menurut Koster, kedepannya perlu adanya dukungan dari segi kelembagaan, pendampingan, permodalan serta pemasaran. Dengan demikian, sektor UMKM diharapkan bisa terus berkembang, bahkan produknya diharapkan bisa merajai pangsa pasar internasional.

“Visi ICSB dengan visi Pemprov Bali bagai pinang dibelah dua, yang salah satunya mengampanyekan produk lokal secara internasional. Untuk itu, mari kita bekerja dengan sungguh-sungguh. Segala pemikiran dan pengetahuan disumbangkan guna memajukan UMKM di Bali,” imbuhnya.

Sebagai wujud nyata dukungan Pemprov Bali terhadap sektor UMKM, kata Koster, pemerintah tengah mencanangkan program Bali Smart Island, dimana seluruh desa di Bali akan dilengkapi sarana wifi. Kehadiran teknologi informasi ini dapat mendukung pemasaran produk UMKM ke pasar yang lebih luas.

“Tidak hanya sektor UMKM, sektor pertanian juga akan terus kita bangun, di samping sektor pariwisata. Dengan demikian, perekonomian Bali berkembang baik dan dapat memberi kesejahteraan bagi masyarakat,” tuturnya.

Ketua Koordinator Wilayah ICSB Bali Tjokorda Gede Bayuputra Sukawati dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas dukungan Pemprov Bali bagi pengembangan UMKM di  Bali. Dia mengatakan ICSB berkomitmen untuk berkonstribusi dalam pengembangan UMKM sebagai tulang punggung ekonomi bangsa.

Kedepannya, kata dia, UMKM di Bali diharapakan dapat membuka pandangan yang lebih luas, sehingga produknya tidak hanya dikonsumsi masyarakat lokal, tetapi juga dunia. “Secara produk, inovasi dan marketing harus mengacu pada standarisasi internasional,” tuturnya.

Pelantikan pengurus ICSB Bali ini juga dihadiri Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace), Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster, Kepala OPD terkait di lingkungan Pemprov Bali serta para pengurus dan anggota ICSB se-Bali.

Acara pelantikan juga diisi dengan deklarasi UMKM Hebat serta penyematan pin oleh Gubernur Bali. Acara juga diisi dengan talkshow dengan menghadirkan narasumber, Presiden sekaligus Ketua ICSB Indonesia Hermawan Kartajaya. (*)