Perebutan 600 Mendali di Porsenijar Kota Denpasar 2018

oleh
Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara bersama Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede membuka Porsenijar Kota Denpasar 2018 di Stadion Ngurah Rai Denpasar, Senin (7/5/2018). (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara bersama Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede membuka Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) Kota Denpasar tahun 2018 di  Stadion Ngurah Rai Denpasar, Senin (7/5/2018). Porsenijar yang berlangsug 7-12 Mei 2018 ini akan memperebutkan 600 medali dari 22 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Pembukaan even olahraga tersebut juga dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Denpasar dan Organisasi Perangkat Daerah Kota Denpasar. Pembukaan Porsenijar dimeriahkan dengan penampilan Tari Pusparesti yang dipersembahkan siswa-siswi SMPN 2 Denpasar, Tari Nusantara dari SMP Dwijendra Denpasar, dan marchingband dari SMPK Harapan Denpasar.

“Melalui Porsenijar, mari bersama-sama tingkatkan prestasi dan selalu menjunjung tinggi sportivitas dalam pelaksanaan setiap pertandingan,” ujar Sekda Rai Iswara, sembari mengharapkan insan-insan pendidikan mampu meningkatkan prestasi yang tak lepas dari visi misi Kota Denpasar sebagai kota yang cerdas, kreatif, dan Inovatif.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar I Wayan Gunawan mengatakan peserta Porsenijar terdiri dari tingkat SD diikuti empat kecamatan se-Kota Denpasar yang telah melalui seleksi di tingkat kecamatan. Tingkat SMP diikuti 63 SMP negeri dan swasta, tingkat SMA/SMK diikuti 60 sekolah negeri dan swasta.

Gunawan menjelaskan, cabang yang dipertandingkan sebanyak 22 cabang olahraga serta memperebutkan 600 medali. Di antaranya cabang sepak bola, atletik, renang, wood ball, dan tenis meja. Untuk lima cabang olahraga eksebisi tahun ini meliputi balap sepeda, dansa, panahan, menembak, dan pentanque.

Untuk bidang seni, dilombakan sebanyak 17 cabang seni yang pelaksanaannya difokuskan di Gedung Werdi Budaya Art Centre Denpasar dengan memperebutkan 58 medali. Cabang seni yang diperlombakan di antaranya dolanan, mekidung, mececimpedan, kendang tunggal, dan mesatua Bali.

Dalam Porsenijar kali ini juga dilakukan penyerahan piala bergilir dari juara umum bidang olahraga yang sebelumnya diraih untuk tingkat SD Kecamatann Denpasar Barat, tingkat SMP diraih SMPN 2 Denpasar, dan tingkat SMA/SMK diraih SMAN I Denpasar. Sementara dalam bidang seni, untuk tingkat SD diraih Kecamatan Denpasar Timur, tingkat SMP diraih SMPN 2 Denpasar, dan tingkat SMA/SMK diraih SMAN 4 Denpasar.

Atlet yang berlaga dan mendapatkan juara dalam Porsenijar akan mewakili Kota Denpasar dalam Porsenijar Provinsi Bali tahun 2018 yang akan berlangsung pada Juni 2018. Kecuali untuk bidang seni, tidak diselenggarakan pada tingkat Provinsi Bali.

Gunawan menambahkan, Kota Denpasar juga menjadi Juara Umum Porsenijar Provinsi Bali Tahun 2017 di bidang seni dan olahraga. “Tahun ini kita optimis dapat mempertahankan juara umum. Selain itu, seluruh atlet yang berlaga dalam Porsenijar ini kami asuransikan,” ujarnya. (*/Sir)