Pengendara Motor Tewas Tertimpa Pohon di Denpasar

oleh
Pengendara motor tewas tertimpa pohon tumbang di Jalan Tukad Pakerisan, Denpasar, Kamis (24/1/2019). (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Cuaca ekstrim yang ditandai guyuran hujan deras dan angin kencang terjadi di wilayah Bali dalam sepekan terakhir. Akibatnya, sejumlah pohon tumbang dan terjadi tanah longsor. Selain menimbulkan kerugian material, bencana ini juga menelan korban jiwa.

Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Denpasar pada Kamis (24/1/2019) sore, misalnya, mengakibatkan pohon besar jenis Pule tumbang di Jalan Tukad Pakerisan. Pohon ini menimpa pengendara motor yang sedang melintas di jalan tersebut.

Korban bernama Taufiqi Hudaya (29) asal Pasuruan ini meninggal seketika di lokasi kejadian akibat luka serius di bagian wajah dan kepalanya.

Selain menimpa korban, pohon tersebut juga menimpa kanopi Apotik Prema Bayu Medika, sehingga menyebabkan mobil Nisan Terano yang parkir tertimpa kanopi. Selain itu, satu buah pelinggih juga rusak dan tembok pembatas rumah ambruk. Kaca etalase Rumah Makan Jakarta juga pecah akibat pohon tumbang itu.

Sejumlah saksi mengaku kondisi terjangan angin sewaktu kejadian begitu kencang dan menakutkan.

“Awalnya saya duduk depan konter HP. Saat saya mengambil sepatu yang jatuh, tiba-tiba pohon yang ada di Apotik Prema Bayu Medika. Tiba-tiba ada pengendara sepeda motor melintas dan jatuh tertimpa pohon mengenai bagian kepala korban. Kemudian saya berlari ke dalam toko sepatu untuk menyelamatkan diri. Korban sempat dibangunkan, namun sudah meninggal dunia,” terang Mathilda Ekawati Wea (20), saksi mata di lokasi.

Menindaklanjuti laporan musibah tersebut, petugas BPBD setempat datang ke lokasi dan mengevakuasi korban ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah. Selanjutnya, anggota Polres Denpasar dan petugas PLN meninjau lokasi dan mengamankan lokasi terjadinya pohon tumbang.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Hengky Widjaja membenarkan adanya peristiwa tersebut. Petugas kepolisian dari Polresta Denpasar bersama instansi terkait langsung datang untuk mensterilkan lokasi, karena kabel listrik melintang dan membahayakan warga dan pengendara yang melintas.

Menurut dia, pohon tumbang terjadi di sejumlah lokasi di wilayah Denpasar. Antara lain di Jalan Bypass Ngurah Rai (sebelah utara Pos Polisi Waribang), Jalan Nusa Indah dan Jalan Gemitir. Bahkan, mobil Honda Freed warna putih DK 1439 EJ dan mobil Nisan jenis Livina warna Silver B 1287 NKY juga tertimpa pohon besar di Jalan Raya Puputan, tepatnya sebelah barat Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandi Renon.

“Kami mengimbau kepada warga agar berhati-hati di jalan ketika terjadi hujan deras dan angin kencang. Selalu waspada apabila bepergian karena cuaca ekstrem,” imbau Kabid Humas Polda Bali.

Menyikapi fenomena alam ini, pihaknya mengaku telah menyiagakan Tim Rescue Samapta Polda Bali untuk membantu evakuasi apabila terjadi bencana alam seperti pohon tumbang maupun tanah longsor.

“Tim Rescue sudah dilengkapi dengan peralatan canggih dan siap bertugas selama 24 jam apabila ada musibah bencana,” ujarnya. (*)