Pemprov Bali Peringati Hari Ibu dan HUT Dharma Wanita Persatuan

oleh
Peringatan Hari Ibu ke-90 dan HUT ke-19 Dharma Wanita Persatuan di Ruang Rapat Utama Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Rabu (19/12/2018). (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Pemprov Bali menggelar peringatan Hari Ibu ke-90 dan HUT ke-19 Dharma Wanita Persatuan Tingkat Provinsi Bali di Ruang Rapat Utama Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Rabu (19/12/2018).

Kali ini, kegiatan tersebut juga dirangkai dengan seminar bertema: Bersama Meningkatkan Peran Perempuan dan Laki-Laki dalam Membangun Ketahanan Keluarga untuk Kesejahteraan Bangsa.

Saat membuka kegiatan tersebut, Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan peringatan Hari Ibu dan HUT Dharma Wanita Persatuan sebagai upaya menjujung tinggi harkat dan martabat kaum perempuan. Juga wujud penghargaan dan penghormatan terhadap kiprah, peran, dan pengabdian kaum perempuan dalam kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara.

Meski demikian, Koster mengakui pembangunan berwawasan kesetaraan gender belum sepenuhnya optimal. “Namun, dalam perkembangannya kita patut bangga dan bersyukur, telah terjadi peningkatan kualitas hidup kaum perempuan,” ujarnya.

Hal itu, menurut Koster, ditandai dengan kiprah perempuan dalam berbagai peranan, kondisi, dan posisi strategis seperti di bidang politik, hukum, pemerintahan, ekonomi, bahkan pertahanan keamanan.

Koster mengatakan hal itu menunjukkan pontensi kaum perempuan cukup besar apabila dapat ditingkatkan kualitasnya, diberi peluang dan kesempatan, serta dibekali kemampuan dan keterampilan untuk berperan bersama kaum laki-laki di berbagai bidang pembangunan.

Sejalan dengan upaya pemberdayaan perempuan dan pembangunan berwawasan gender, Koster menegaskan, Pemprov Bali akan terus berupaya memberikan kesempatan dan apresiasi atas keterlibatan kaum perempuan dalam mendukung pembangunan di Provinsi Bali.

“Oleh karenannya melalui kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih atas peran dan kontribusi positif yang selama ini telah ditunjukkan oleh kaum perempuan di Provinsi Bali, baik secara individu maupun melalui berbagai organisasi wanita yang ada,” paparnya.

Koster berharap agar peran dan kualitas organisasi wanita dapat terus ditingkatkan, mengingat masih banyak peluang dan tantangan pembangunan kedepan di Provinsi Bali.

Peringatan Hari Ibu dan HUT Dharma Wanita Persatuan tersebut juga dihadiri Wakil Gubernur BaliTjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace), Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra, Pangdam IX/Udayana yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi Kolonel Inf. Antoninho Ragel Da Silva, Kasubbid Dal BidKeu Polda Bali AKBP Ida Ayu Wikarniti, Kasi III Intel Kajati Bali Mawardi.

Selain itu, juga hadir Ketua TP PKK Provinsi Bali Ni Putu Koster, Penasehat DWP Bali Tjok Putri Hariyani Ardhana Sukawati, Ketua DWP Provinsi Bali Widiasmini Indra, beserta perwakilan organisasi wanita tingkat Provinsi Bali. (*)