Pemkot Denpasar ‘Ngaturang Bhakti Penganyar’ di Pura Ulun Danu Batur

oleh
Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara bersama para pimpinan OPD mengikuti Bhakti Penganyar di Pura Ulun Danu Batur, Desa Pakraman Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Kamis (5/4/2018). (Ist)
banner 300250

Bangli, suarabali.com – Para pegawai di lingkungan Pemkot Denpasar mengikuti Bhakti Penganyar di Pura Ulun Danu Batur, Desa Pakraman Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Kamis (5/4/2018).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian Karya Pujawali Ngusaba Kadasa Icaka Warsa 1940 Tahun 2018. Pada Purnama Kedasa beberapa waktu lalu itu dilanjutkan dengan Ngaturang Bhakti Penganyar oleh seluruh kabupaten/kota di Bali.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara didampingi Ketua DWP Kota Denpasar Ny. Kerti Rai Iswara serta para pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Denpasar.

Bhakti penganyar Pemkot Denpasar dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Mas dan Ida Pedanda Istri Kencana dari Griya Gede Mas Timbul Peguyangan, Denpasar Utara. Selain pegawai Pemkot, tampak masyarakat yang berasal dari berbagai daerah di Bali turut melaksanakan persembahyangan.

Saat diwawancarai usai pelaksanaan Bhakti Penganyar, Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara menjelaskan pelaksanaan nganyarin merupakan wujud bakti dan penghormatan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Di samping itu, pelaksanaan bhakti penganyar juga dimaksudkan untuk memohon keselamatan dan kesejahteraan, keseimbangan alam semesta beserta isinya.

“Selain merupakan wujud bakti kepada Ida Sang Hyang Widi, bhakti penganyar ini juga merupakan ucapan syukur atas terlaksananya program pemerintah dalam upaya menyejahterakan masyarakat sebagai bentuk aktualisasi terhadap Tri Hita Karana, yakni Parahyangan,” ungkap Rai Iswara.

Selain melaksanakan bhakti penganyar, Pemkot Denpasar juga mempersembahkan Tari Rejang Renteng yang dipimpin Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Denpasar Ny. Kerti Rai Iswara. Selain itu, Pemkot Denpasar juga mempersembahkan Wewalian Topeng, Pesantian, dan Tetabuhan Gong.

Pada 10 April mendatang, Pemkot Denpasar akan melaksanakan bhakti penganyar di Pura Agung Besakih, Karangasem.

Pengemong Pura Ulun Danu Batur sekaligus Penglingsir Desa Pakraman Batur Jero Gede Batur mengatakan, karya Pujawali Ngusaba Kadasa di Pura Ulun Danu Batur ini sudah dimulai sejak 25 Maret 2018 yang diawali Nanceb Sunari, Mepengalang, Ngingsah, Netengan, Nyuci, Nunas Tirta, dan Nyengker Dewasa.

Puncak Pujawali Ngusaba Kedasa (Ida Bahatari Katuran Pujawali) dilaksanakan bertepatan dengan Purnama Kedasa pada Saniscara Kliwon Wuku Landep 31 Maret lalu. Selanjutnya, dari 31 Maret sampai 12 April akan dilaksanakan bhakti penganyar oleh setiap kabupaten/kota di Bali.

Kemudian, pada 13 April 2018, akan digelar upacara bhakti penyineb Ida Bhatari yang diisi dengan bhakti pepranian, Baris Perang-perangan, Metiti Suara, Nuek Bagia Pula Kerti, Pralina Sampian, Bhakti Petetingkeb, Mendem Bagia Pula Kerti, dan Ida Bhatari Ngeluhur/Mesineb.

Dengan digelarnya pujawali ini, pihaknya berharap masyarakat Desa Pakraman Batur khususnya dan seluruh umat Hindu diberikan keselamatan dan kesejahteraan. (*/Sir)