Pemkab Badung Dorong Pertumbuhan Wirausaha Pemula

oleh
Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung I Ketut Karpiana secara simbolis menyematkan tanda peserta workshop wirausaha di Puspem Badung, Selasa (11/6/2019). (Ist)
banner 300250

Badung, suarabali.com – Sebanyak 70 pelajar yang terdiri dari peserta pemula dan wirausaha berkembang mengikuti workshop wirausaha yang diadakan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung di Mangupura, Pusat Pemerintahan Mangu Praja Mandala, Selasa (11/6/2019).

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan I Ketut Karpiana membuka acara tersebut ditandai dengan penyematan secara simbolis kepada salah satu peserta workshop wirausaha. Acara itu juga dihadiri perwakilan siswa/siswi SMK se-Badung, perwakilan OPD terkait, dan narasumber dari Universitas Prasetya Mulya Jakarta.

“Untuk sekarang ini, masuk tahun kedua yang di mulai sejak tahun lalu, juga dilaksanakan workshop seperti ini. Bagi kita di Kabupaten Badung sudah menciptakan, menawarkan, serta mendidik wirausaha oleh Universitas Prasetya Mulya dari Jakarta. Kerja sama ini berawal dari Bupati Badung sepakat menandatanganan MoU terkait kerja sama antara Pemkab Badung dengan Universitas Prasetya Mulya untuk mendampingi UMKM yang ada di Kabupaten Badung di bidang pengelolaan usaha,” papar Ketut Karpiana.

Untuk kedepan, kata dia, program serupa akan diadakan secara berkelanjutan setiap tahun guna mencetak pengusaha muda baru secara bertahap. Tahun lalu, ada 10 orang yang berhasil. Sedangkan pada tahun ini akan dicetak 14 orang wirausaha, yang terdiri dari 7 orang wirausaha pemula dan 7 orang wirausaha berkembang.

Sementara I Gusti Agung Suartini, ketua panitia, mengatakan pelatihan tersebut bertujuan mendorong wirausahawan di Kabupaten Badung agar lebih termotivasi dalam mengelola usaha. Tujuannya, melatih peserta secara bertahap agar memiliki kompetensi bisnis. Juga untuk mengembangkan SDM agar mampu menciptakan kesempatan kerja bagi dirinya sendiri, orang lain sesuai tuntutan pembangunan. (*)