Pemkab Badung dan Gianyar Jalin Kerja Sama Pembangunan Antar Daerah

oleh
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dan Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra menandatangani kesepakatan kerja sama pembangunan antar daerah di Kantor Bupati Gianyar, Jumat (21/9/2018). (Ist)
banner 300250

Gianyar, suarabali.com – Pemkab Badung dan Pemkab Gianyar menjalin kerja sama pembangunan antar-daerah. Kerja sama ini dituangkan dalam MoU yang ditandatangani Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dan Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra di Kantor Bupati Gianyar, Jumat (21/9/2018).

Kerja sama pembangunan antar-daerah tersebut meliputi tujuh bidang, yaitu pariwisata, kebudayaan, pendidikan, pendapatan asli daerah, pertanian, teknologi informatika, dan pekerjaan umum (infrastruktur).

Bupati Badung Giri Prasta mengatakan landasan kerja sama itu adalah Undang-undang tentang pemerintahan daerah, serta mengikuti jejak para leluhur di Bali, yakni satu pulau, satu pola, dan satu tata kelola.

“Secara aspek yuridis boleh, aspek undang-undangnya jelas, dilihat dari aspek filosofis sudah merupakan kesepakatan sejak dulu, aspek sosiologis kita adalah bersaudara. Maka, hari ini secara langsung kami menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkab Gianyar berkaitan urusan pemerintahan, adat, agama, tradisi, seni, dan budaya,” jelasnya.

Bupati akan menunjukkan bahwa para bupati bersatu untuk mengurus Bali. “Kami meyakini kalau pemimpin yang berkomitmen ke bawahnya pasti bagus. Kalau pemimpin tidak berkomitmen, ke bawahnya akan kurang bagus,” tegas Giri Prasta.

Dia menjelaskan, penandatangan kerja sama tersebut untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi demi terwujudnya pelayanan publik yang lebih optimal serta infrastruktur daerah yang lebih baik.

Selain itu, juga untuk memantapkan hubungan sinergis antar daerah, menyerasikan pembangunan daerah, menyinergikan potensi antar daerah serta meningkatkan pertukaran pengetahuan dan teknologi masing-masing.

“Maksud pelaksanaan kesepakatan bersama ini, yaitu meningkatkan keterpaduan pengelolaan berbagai program kegiatan pembangunan daerah dalam meningkatkan pelayanan masyarakat, perekonomian daerah, dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Dia menambahkan, kesepakatan itu bertujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pemanfaatan dan pengembangan potensi yang mempunyai keterkaitan antar daerah, keterpaduan pengelolaan berbagai kegiatan pembangunan, sinergitas pengembangan potensi yang dimiliki, sumber daya serta pertukaran pengetahuan dan teknologi.

Penandatangan kesepakatan tersebut merupakan bentuk penguatan komitmen Pemkab Badung dan Pemkab Gianyar untuk menyukseskan tujuan pembangunan nasional yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap implementasi kesepakatan ini dapat saling bersinergi dengan program-program pemerintah. Sehingga, dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan yang dilaksanakan dalam rangka memberikan jaminan kesejahteraan bagi masyarakat secara optimal,” kata Giri Prasta.

Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra mengatakan adanya MoU dengan Badung, minimal dapat meringankan harapan masyarakat yang ingin memiliki jalan yang bagus, wantilan, bale banjar, pura, kesehatan, dan pendidikan yang bagus.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kata dia, diperlukan inovasi dan kerja keras untuk menggali potensi dana dari pajak dan retribusi. “Tentunya peluang ini kami maksimalkan. Mudah-mudahan pada 2019 nanti kita bisa wujudkan,” jelasnya. (*)