Pemkab Badung Buka Peluang Kerja Lewat Pelatihan Spa Therapist

oleh
Kadis Perindustrian dan Tenaga Kerja Badung Ida Bagus Oka Dirga saat membuka pelatihan dasar spa therapist di Kantor Camat Petang, Selasa (10/4/2018). (Ist)
banner 300250

Badung, suarabali.com – Beragam cara dilakukan Pemkab Badung untuk mengurangi jumlah pengangguran. Selain menciptakan lapangan kerja baru, Pemkab Badung juga gencar mengadakan pelatihan bagi tenaga kerja mandiri. Contohnya, pelatihan dasar spa therapist yang diadakan di Kecamatan Petang, Kecamatann Abiansemal, dan Kecamatan Mengwi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung Ida Bagus Oka Dirga mengatakan pelatihan spa therapist merupakan pelatihan tenaga kerja terdidik untuk membentuk tenaga kerja dan menciptakan lapangan pekerjaan yang baru.

Para peserta akan dilatih selama satu bulan agar menjadi tenaga kerja yang lebih terdidik, sehingga akan dapat mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Badung.

“Dengan pelatihan ini, kita harapkan di setiap desa memiliki salon dan spa-spa terapis. Dengan begitu, akan menciptakan lapangan kerja baru dan dapat mengurangi pengangguran,” terangnya.

Pelatihan spa therapist di tiga kecamatan tersebut diikuti 120 orang, atau 40 peserta dari masing-masing kecamatan.

“Apa yang diinginkan oleh masyarakat sudah berdasarkan by name dan by address. Contohnya, melalui pelatihan salon dan spa terapis yang telah dilaksanakan ini. Tentunya, harapan kedepan dengan perkembangan teknologi, kami yakin tenaga kerja yang dilatih akan mampu mandiri,” ungkapnya.

Camat Petang Ida Bagus Nata Manuaba menyambut baik pelatihan spa terapist bagi masyarakat di Kecamatan Petang. Dengan pelatihan ini, menurut dia, dapat jadikan jasa untuk mendapatkan tambahan penghasilan dan lapangan kerja bagi masyarakat yang masih menganggur.

“Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja sudah peka dan mengambil langkah cepat dalam memberikan pelatihan bagi masyarakat di bidang spa therapist, sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya di Petang ini,” tegasnya. (*/Sir)