Pemerintah Diminta Siapkan Langkah Baru Regulasi Tarif Tiket Pesawat

oleh
Ilustrasi. (Ist)
banner 300250

Jakarta, suarabali.com – Wakil Ketua DPR Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Agus Hermanto menilai pemerintah harus siap memikirkan langkah baru guna mengatur tarif tiket penerbangan pesawat yang belakangan menjadi polemik yang tak kunjung usai. Dia meminta pemerintah dan stakeholder industri penerbangan tetap kondusif dan terus berkoordinasi hingga keadaan stabil.

Usai menerima kunjungan mahasiswa AMIK Bekasi di Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (1/7/2019), Agus menginginkan ada keseimbangan antara bisnis industri penerbangan dengan para konsumen pengguna jasa penerbangan. Menurut dia, pemerintah harus menyiapkan grand design untuk menyelesaikan dua prioritas tersebut.

“Pemerintah saya kira juga memiliki (tarif) batas atas dan batas bawah. Batasan inilah yang harus dikoordinasikan, karena kita tentunya tidak ingin BUMN juga merugi. Tetapi, kita juga harus memberi keberpihakan bahwa tarif tiket juga tidak boleh terlalu mahal. Ya inilah yang harus dikoordinasikan, kemarin sudah ada kesepakatan-kesepakatan namun tetap harus diperhatikan tema besarnya,” papar Agus.

Politisi Partai Demokrat itu mengapresiasi kinerja pemerintah yang tanggap menciptakan beberapa kesepakatan untuk memberi diskon sejumlah biaya operasional maskapai di Tanah Air dalam rapat koordinasi dengan stakeholder. Namun, dia tetap mendorong pemerintah untuk menentukan sikap terkait langkah selanjutnya.

“Namun, karena ini tahap penyesuaian, maka harus tetap dikoordinasikan, dan pemerintah juga tidak boleh bosan-bosannya mengingatkan para stakeholder karena bisnis penerbangan harus jalan, tetapi tarif tiket tentunya harus sesuai. Selanjutnya pemerintah harus didorong membentuk grand theory yang dapat mengatur keseimbangan industri penerbangan termasuk tarif tiket ini,” ujar Agus. (*)