Patung GWK Akan Menjadi Kiblat Kebudayaan Dunia

oleh
Patung GWK dalam tahap penyelesaian
banner 300250

Badung, suarabali.com – Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang sudah dirancang sejak tahun  1989  ini secara perlahan  tampilannya mulai terbentuk. Patung raksasa yang berlokasi di Bukit Unggasan Jimbaran, Badung Bali ini sudah  memasuki tahap pemasangan modul wajah Garuda.

Diharapkan pada periode 25 sampai pada sampai 31 bulan November 2017 wajah Garuda sudah bisa mengangkasa di ketinggian 230 meter di atas permukaan laut (dpl).

Pada bulan  Oktober ini  modul yang akan dinaikkan modul yang ke 234 dengan target pemasangan sampai tanggal 31 Oktober 2017 terpasang sebanyak 28 modul sehingga total modul terpasang berjumlah 262 keping dari jumlah total sebayak 754 keping.  Dari 28 modul yang akan di pasang terdiri dari 12 modul sayap dan 16 modul paruh bawah burung  Garuda.

Nyoman Nuarta penggagas, sekaligus arsitek patung GWK mengatakan, patung GWK ini ditargetkan rampung bulan Agustus 2018. Patung setinggi 121 meter ini nantinya akan menjadi hadiah paling berharga untuk hari kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke 73.

“Itu menjadi mimpi kita, dan mudah-mudah kita mampu. Karena di Bali pada bulan Desember dan Januari anginnya besar bisa mencapai sampai 70 knt, sedangkan tower crane bisa operasi dibawah 10 knt. Makannya sekarang kita coba kejar yang sulit-sulit dulu,” ucapnya Rabu (25/10/2017).

Nuarta juga mengatakan bahwa GWK, nantinya selain menjadi landmark baru pariwisata Bali yang selama ini mengandalkan warisan juga akan menjadi pembuktiaan bahwa di negara berkembang seperti Indonesia lahir mahakarya untuk dunia.

“GWK akan jadi bukti bahwa kita berdaulat di bidang kebudayaan dan kita harap kiblat kebudayaan dunia itu akan terjadi di GWK Cultural Park. Karena disini tidak hanya ada patung, tetapi forum-forum kebudayaan dunia,” imbuhnya.

Menurut Nuarta secara fisik GWK akan memiliki ketinggian 121 meter dan akan menjadi patung tembaga dengan teknik cor las terbesar di dunia. Teknik cor las juga akan menandai pertama kalinya patung sebesar GWK dikontruksi dengan pengelasan keping demi keping. Patung-patung seperti Liberty di New York pada umumnya dikerjakan dengan teknik cor logam.

“Kalau nanti selesai, patung GWK akan menjadi patung tembaga terbesar di dunia, beratnya mencapai 4000 ton. Kalau di banding Liberty bis 9 kali lebih besar, apalagi tingginya Liberty hanyan sekitar 80 sampai 90 meter, sedangkan  GWK 121 meter,” tutupnya.(Mkf)