Pangdam Udayana Ziarah ke TMP Pancaka Tirta Tabanan

oleh
Pangdam Udayana Mayjen TNI Benny Susianto bersama rombongan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta Tabanan, Kamis (24/5/2018). (Ist)
banner 300250

Tabanan, suarabali.com – Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto bersama anggota Kodam Udayana ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancaka Tirta Tabanan, Kamis (24/5/2018).  Ziarah ini bagian dari kegiatan memperingati HUT ke-61 Kodam IX/Udayana.

Ziarah tersebut bertujuan memberikan penghormatan dan penghargaan, mendoakan serta mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dengan gagah berani dan pantang menyerah mengorbankan jiwa raganya dalam perjuangan merebut, membela, dan mempertahankan kemerdekaan NKRI.

Selain itu, juga untuk menguatkan jatidiri prajurit sebagai generasi penerus agar senantiasa meneladani dan mewarisi semangat juang para pendahulu dengan mengaplikasikan nilai-nilai kejuangan yang telah ditanamkan.  Serta sekaligus memohon restu untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan untuk mengisi kemerdekaan dengan berbagai pembangunan yang bermanfaat dan berpihak kepada rakyat.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam Udayana Mayjen TNI Benny Susianto mengawali kegiatan dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan peletakan karangan bunga di Candi Induk Makam Pahlawan Pancaka Tirta. Lalu, dilanjutkan tabur bunga di seluruh pusara para pahlawan yang diikuti seluruh peserta ziarah.

Rabu (23/5/2018) malam, juga diadakan kegiatan penjamasan Pataka Kodam IX/Udayana di Pura Bukit Dharma Durga Kutri, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Kegiatan yang  dipimpin Pangdam Udayana ini dihadiri para pejabat teras Kodam Udayana, para Dandim se-Bali, Asisten I Pemkab Gianyar, perwakilan DPRD Gianyar, tokoh Puri Blahbatuh, Polres Gianyar, Muspika Blahbatuh, Kepala Desa Blahbatuh, Bendesa Adat Blahbatuh, dan masyarakat Desa Blahbatuh.

Penjamasan Pataka ini bertujuan menyucikan Pataka Kodam IX/Udayana (Praja Raksaka) menjelang pelaksanaan peringatan HUT ke-61 Kodam IX/Udayana yang jatuh pada 27 Mei 2018. Selakigus memohon ijin kepada yang dimuliakan Raja Udayana, karena nama beliau digunakan sebagai panji kebesaran nama Kodam IX/Udayana serta memohon restu dan bimbingannya agar Kodam IX/Udayana senantiasa dapat mengemban tugas dengan baik.  (*)