Pangdam Udayana Resmikan Detasemen Kavaleri 4 Simha Pasupati di Kuta

oleh
Pangdam Udayana Mayjen TNI Benny Susianto saat meresmikan Detasemen Kavaleri 4/Simha Pasupati di Kuta, Kabupaten Badung, Kamis (12/4/2018). (Ist)
banner 300250

Badung, suarabali.com – Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto meresmikan Kikavsedam IX/Udayana menjadi Detasemen Kavaleri 4/Simha Pasupati. Peresmian ini ditandai dengan upacara militer di Mako Denkav 4/Simha Pasupati di Kuta, Kabupaten Badung, Kamis (12/4/2018).

Dalam sambutannya, Pangdam Udayana Mayjen TNI Benny Susianto mengatakan sesuai perkembangan lingkungan strategis dengan kemungkinan berbagai ancaman dan hambatan yang dihadapi Kodam Udayana, sehingga pembangunan kekuatan dan penataan satuan jajaran Kodam Udayana merupakan kebutuhan yang mendesak dan harus segera diwujudkan.

Secara historis Denkav 4/Simha Pasupati Kodam IX/Udayana pada awal berdirinya merupakan Satuan Setingkat Peleton yang di bawah perintah Kodam Udayana dalam tugas pengamanan VIP/VVIP dengan nama satuan Peleton Kavaleri Khusus Pasukan Pengamanan VIP (Tonkavsus Paspamvip), yang kemudian divalidasi menjadi Kikavser Kodam IX/Udayana.

Dalam perkembangan selanjutnya, berdasarkan Perkasad Nomor 57/2017 tanggal 4 Oktober 2017 tentang penataan satuan dan pembentukan satuan baru jajaran TNI Angkatan Darat, Kikavserdam IX/Udayana ditata dan ditingkatkan menjadi Detasemen Kavaleri 4/Simha Pasupati Kodam IX/Udayana. (*/Sir)