Paket Wisata Beyond Bali Diporomosikan di Pameran Pariwisata Milan

oleh
Tari Cendrawasi dari Bali meriahkan Paviliun Indonesia dalam pameran pariwisata di Kota Milan, Italia. (Ist)
banner 300250

Milan, suarabali.com – Indonesia kembali berpartisipasi pada pameran pariwisata terbesar di Italia, la Borsa Internazionale del Turismo (BIT) Milano di Kota Milan. Ada sebelas pelaku usaha jasa pariwisata yang berpartisipasi dalam pameran yang dihelat pada 10-12 Februari 2019 ini.

Sebelas pelaku usaha jasa pariwisata itu terdiri dari dua hotel, tiga Destination Management Company (DMC), dan enam operator perjalanan wisata. Mereka mempromosikan paket Bali dan Beyond Bali sebagai destinasi wisata Indonesia.

Pada hari pertama pameran yang dibuka untuk masyarakat umum, warga Italia terlihat antusias mengunjungi paviliun Indonesia yang sangat menarik perhatian. Mereka mencari informasi mengenai berbagai paket wisata ke Indonesia, sambil menikmati sajian kopi Indonesia dan suguhan ragam tarian yang dibawakan secara apik oleh tim Wonderful Indonesia.

Sementara pada hari berikutnya, pameran dibuka untuk pertemuan bisnis antara para pelaku industri pariwisata.

Didahului dengan tarian Cendrawasi dari Bali, Duta Besar RI untuk Italia Esti Andayani membuka secara simbolis paviliun Indonesia didampingi oleh Gubernur Lampung Ridho Ficardo dan Kabid Pemasaran Eropa I Kementerian Pariwisata, Hari Ristanto.

Paviliun Indonesia kali ini mengambil tema Kapal Phinisi dan menghadirkan pelukis kuku dan henna, Dewi Henna, yang membuat para pengunjung betah. Ada pula Eric Novianto Setiawan, pemenang 4th Runner Up kontes Mister Tourism World 2018 di Roma, Italia, baru-baru ini.

Ia tampil menarik dengan kostum yang mendapat penghargaan Best National Costume bertema Pangeran Mercusuar, simbol ikon pariwisata Pulau Lengkuas di Bangka Belitung.

Para pengunjung pun bergantian mengabadikan momen mereka dengan para penari Cenderawasih dan Mister Tourism World Indonesia.

Duta Besar Esti Andayani menyatakan apresiasinya atas partisipasi Kementerian Pariwisata dalam BIT Milano 2019 dan mengharapkan melalui kehadiran Indonesia kali ini dapat semakin mendorong minat para wisatawan dan juga tour operator Italia datang ke Indonesia.

Pada tahun 2018, tercatat 94.232 orang wisatawan Italia ke Indonesia. Jumlah itu meningkat 4,6% dibanding tahun sebelumnya.

“Setiap tahunnya jumlah wisatawan Italia ke Indonesia terus meningkat. Dan, Italia merupakan negara kelime penyumbang wisatawan ke Indonesia dari Uni Eropa, setelah Inggris, Prancis, Jerman, dan Belanda. Pameran ini juga merupakan salah satu momen penting dalam Peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia Italia tahun 2019,” kata Esti Andayani. (*)