Nah, Facebook Akan Kembangkan ‘Lasso’ untuk Saingi Tik Tok

oleh
Ilustrasi. (Ist)
banner 300250

Suarabali.com – Pada zaman serba-digital ini, media sosial kerap dijadikan wadah untuk mengekspresikan diri atau menunjukkan bakat terpendam. Di kalangan milenial, mengekspresikan diri belum afdol rasanya kalau belum bikin video sambil menari dengan editan yang nyentrik.

Kreativitas tersebut biasanya mereka salurkan melalui aplikasi berbagi video singkat Tik Tok. Hal ini membuat aplikasi milik perusahaan ByteDance itu semakin populer di kalangan remaja.

Tren ini ternyata menggiurkan Facebook untuk melakukan hal yang sama. Menurut laporan TechCrunch, raksasa media sosial itu tengah mengembangkan aplikasi Tik Tok versi mereka sendiri, namanya ‘Lasso’.

“Pada dasarnya ini seperti TikTok/Musical.ly. Ini berlayar penuh, dibuat untuk remaja, menyenangkan, lucu, dan fokus pada kreasi. Semua hal yang mereka lakukan itu agar untuk terlihat keren,” kata Facebook seperti dirilis teknologi.id.

Belum diketahui kapan aplikasi ini akan diuji coba atau diluncurkan secara penuh. Kita tunggu saja kabar terbaru dari Facebook soal aplikasi Lasso ini.

Tren berkreasi dalam format video pendek pertama kali dipelopori oleh aplikasi Musical.ly yang marak digunakan para remaja di AS. Kemudian muncul TikTok yang jauh lebih populer di Asia dan bahkan akhirnya berani mengakuisisi Musical.ly untuk menjadi bagiannya.

Tidak heran kenapa Facebook ikut-ikutan memgembangkan aplikasi video pendek ala TikTok. Dalam daftar aplikasi gratis terpopuler di Google Play Store versi Indonesia per Jumat (26/10), TikTok berada di urutan kedelapan, sementara Facebook duduk di posisi ke-12.

Strategi mencontek aplikasi lain ini bukan pertama kali dilakukan Facebook. Sebelumnya, Facebook sudah menyalin fitur Stories dari kompetitornya, Snapchat, untuk diterapkan di anak usahanya, Instagram. Sekarang, Instagram Stories justru lebih populer dibanding versi Snapchat. (*)