Motivasi Diri Belajar Dari Kegagalan Bisnis

oleh
banner 300250

Suarabali.com – Gagal dalam menjalankan bisnis adalah lumrah. Hidup bak sekeping uang logam dua wajah, berhasil atau gagal.

Kegagalan pernah dialami oleh para pengusaha sukses, bahkan tak jarang ada pengusaha yang pernah gagal sampai sekian belas kali.

Tapi biarpun gagal, mereka tetap bisa sukses dengan adanya kegagalan yang pernah menimpa bisnis mereka dimasa lalu.

Kuncinya satu, yaitu berani mencoba, mencatat kesalahan dimasa lalu, dan terus memperbaiki penyebab kegagalan yang pernah mereka alami.

Bagi siapapun yang pernah menajalkan bisnis dan gagal, maka ada beberapa kiat agar dapat memberi semangat kediri sendiri.

Selalu berpikiran positif tentang kegagalan. Hadapi kegagalan dengan pikiran yang positif, tidak usah sibuk menghabiskan energi menyalahkan orang lain atas kegagalan yang dialami. Agar Anda dapat melaluinya dengan mencari solusi yang tepat pula, tanpa adanya penyesalan panjang yang akan menghambat kesuksesan di depan Anda.

Jadikan kegagalan sebagai pembelajaran bagi. Adanya kegagalan memberikan jalan untuk belajar, karena itu jangan pernah patah arangn. Karena secara tidak langsung Anda akan mencari tahu penyebab kegagalan tersebut dan berusaha mencari solusi serta menghindari hal – hal yang dapat menyebabkan kegagalan tersebut terulang lagi. Sehingga Anda mengetahui jalan mana yang salah dan cara apa yang benar.

Kegagalan bukan artinya tamat semua, karena kegagalan cuma sementara. Satu kali, dua kali, bahkan sepuluh kali gagal bukan jalan buntu. Kegagalan hanya bersifat sementara dan dapat selesai jika memang mau merubahnya. Seseorang tidak akan terlalu lama merasakan gagal jika orang tersebut segera bangkit dari kegagalan dan mencari jalan keluarnya.

Berusaha bangkit dengan motivasi baru. Jangan hanyut dengan penyesalan Anda, segeralah berdiri dari kegagalan. Kumpulkan kembali semua motivasi diri Anda, dan yakinkan  bahwa jika ada kegagalan pasti akan ada keberhasilan di depan sana. (Hsg)