Mesin Ini Mencegah Pembullyan di Instagram

oleh
Ilustrasi. (Ist)
banner 300250

Jakarta, suarabali.com – Pada izaman media sosial seperti saat ini, segala hal bisa dibagikan, baik yang positif maupun negatif. Akibatnya, tidak jarang juga pem-bully-an dilakukan di media sosial ini.

Dilansir dari teknologi.id, beberapa media sosial memang sudah berusaha mencegahnya, seperti Instagram yang menerapkan fitur filter pada kolom komentar untuk mencegah pem-bully-an di Instagram. Namun, bagaimana jika pem-bully-an tersebut berada di dalam foto?

Untuk itu, Instagram akan menerapkan Machine Learning atau mesin pembelajaran dan Artificial Intelligence (AI) untuk mengatasi hal tersebut.

Instagram merencanakan sebuah mesin pembelajaran yang akan menemukan pembullyan yang mungkin terjadi di dalam foto dan keterangannya. Mesin ini akan secara proaktif menandai unggahan, sehingga moderator manusia dapat mengambil tindakan lebih cepat, dimana unggahan seperti itu dapat dihapus lebih cepat dibanding sebelumnya, dimana moderator manusia harus menunggu orang lain menandainya terlebih dahulu.

Hal serupa juga diterapkan oleh Facebook untuk mencegah foto yang tidak pantas. Facebook sebelumnya telah meluncurkan tool yang nantinya unggahan tidak pantas seperti pornografi dan unggahan kontroversial lainnya akan ditahan dan tidak bisa diunggah.

Selain mencoba mencegah pembullyan dalam bentuk foto, Instagram juga akan menindak pelecehan selama pengguna menggunakan fitur IGTV, dengan menambahkan filter komentar opsional. (*)