Menuju Bali Smart Island, Koster Launching Layanan Akses Wifi Gratis

oleh
Gubernur Bali Wayan Koster. (Ist)
banner 300250

Jembrana, suarabali.com – Gubernur Bali Wayan Koster me-launching akses wifi gratis untuk seluruh masyarakat Bali di Desa Dauh Waru, Kecamatan Jembarana, Kabupaten Jembrana, Rabu (10/4/2019). Acara launching ini dihadiri ribuan peserta dari seluruh bendesa adat Jembrana, para camat, prebekel, serta siswa dari tingkat SD sampai SMA/SMK se-Kabupaten Jembrana.

Peluncuran akses wifi gratis itu merupakan wujud nyata komitmen Pemerintah Provinsi Bali dalam pemenuhan pemerataan akses informasi. Koster mengatakan ketersediaan infrastruktur informasi merupakan langkah awal dalam mewujudkan Bali Smart Island.

Akses wifi gratis itu diharapkan dapat menyentuh seluruh komponen masyarakat di desa adat, objek pariwisata, Puskesmas maupun sekolah dari tingkat SD hingga SMA/SMK. Dengan demikian, akan tercipta pemerataan akses informasi dan pembangunan yang berkeadilan bagi seluruh masyarakat Bali.

“Dengan adanya akses wifi gratis ini, saya harapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk peningkatan perekonomian, kepariwisataan, memperkuat budaya, kesehatan, dan pengetahuan sesuai dengan potensi lokal dan wawasan global yang dimiliki. Wifi gratis ini sekaligus sebagai momentum memulai kreativitas dan inovasi dalam dinamika perubahan yang begitu cepat, namun tetap tidak melupakan akar budaya Bali sebagai spirit dalam mewujudkan Krama Bali Sejahtera,” papar Ketua DPD PDIP Bali ini.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistika Provinsi Bali Nyoman Sujaya mengatakan layanan wifi gratis telah dimulai pada 2018 di 311 titik dari yang dicanangkan sebanyak 118 titik.

Pada 2019, Pemprov Bali menargetkan sasaran sebanyak 1.825 akses poin dengan lokasi penempatan di wantilan desa adat sebanyak 1.371 akses poin, Puskesmas sebanyak 107 akses poin, objek wisata sebanyak 203 akses poin, SMA/SMK/SLB sebanyak 132 akses poin, dan publik area sebanyak 12 akses poin.

“Pemasangan wifi gratis ini dilakukan secara bertahap dan pada tahun 2020 dicanangkan telah terpasang  sekitar 4.157 titik di seluruh Bali,” katanya. (*)