Menkes Minta Wartawan Rutin Cek Kesehatan

oleh
RS M. Jamil dan Dinkes Sumbar mendirikan stan pemeriksaan kesehatan di lapangan parkir Dinas Pendidikan Sumbar di Padang, Jumat (9/2/2018).
banner 300250

Padang, suarabali.com – Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengajak wartawan Indonesia rutim mengecek kesehatan. Sebab, jam kerja pers yang tidak tentu dan deadline yang ketat dapat berpotensi mengganggu kesehatan wartawan.

“Dua puluh persen penyakit dipengaruhi oleh perilaku. Ayo, wartawan Indonesia jaga kesehatan. Selamat Hari Pers Nasional ya,” ungkap Menkes.

Sebelum menghadiri acara Hari Pers Nasional (HPN) 2018, Menteri Kesehatan Nila Moeloek meninjau stan pemeriksaan jantung yang ada di lapangan parkir Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, di Padang, Jumat (9/2/2018).

Stan ini didirikan sebagai partisipasi RS M. Jamil dan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat pada pertemuan akbar insan pers. Stan terdiri dari 10 kamar pemeriksaan untuk pria dan wanita. Selain itu, juga ada pemeriksaan untuk gula darah, jantung, kolesterol, dan tekanan darah.

Stan pemeriksaan ini buka selama tiga hari. Selain perawat dan dokter umum, di stan ini juga ada dokter spesialis jantung.

Sampai hari kedua, sebanyak 600 pasien yang terdiri dari warga masyarakat sudah memeriksakan diri ke sini. Dari jumlah itu, 30 persen di antaranya ditemukan hipertensi dan lebih dari 10 persen diabetes.

Menkes Nila menyambut baik stan pemeriksaan ini sebagai bentuk deteksi dini. Menurut Menkes, masyarakat sudah mau memeriksakan diri.

“Saya kira ini satu hal yang baik menggugah masyarakat agar sadar bahwa ternyata umumnya orang ada hipertensi,” kata Menkes. (Sir)