Menjelang Lebaran, Disdagprin Bali Sidak Pasar Swalayan

oleh
Petugas Disdagprin Bali memeriksa sejumlah produk yang dijual di pasar swalayan, Rabu (23/5/2018). (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com –  Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagprin) Provinsi Bali melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar swalayan di wilayah Denpasar dan Badung, Rabu (23/5/2018). Sidak ini bertujuan untuk mengawasi peredaran barang dan jasa di pasar swalayan, terutama menjelang hari raya keagamaan.

Kepala Bidang Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Bali Ketut Raka Armaja di sela-sela sidak menyatakan pihaknya rutin melakukan sidak sebagai wujud komitmen Pemerintah Provinsi Bali dalam menjamin serta memberikan perlindungan bagi konsumen terhadap berbagai produk makanan dan minuman yang beredar di pasaran, khususnya di pasar swalayan.

Di samping menyasar pasar swalayan, menurut Raka Armaja,  pengawasan juga dilakukan terhadap barang dan jasa di pasar tradisional. “Dengan demikian, kelayakan barang yang beredar di pasaran dapat dijamin,” katanya.

Dalam pelaksanaan sidak, Raka Armaja menambahkan, pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap beberapa sampel barang dan melakukan pengecekan baik dari segi kemasan barang, masa kadaluarsa serta ijin edar barang maupun ijin dari BPOM.

“Kami ingin memastikan bahwa pasar swalayan menjual barang yang layak dan aman untuk dikonsumsi. Masyarakat juga kami harapkan harus jeli saat membeli produk, cek kemasan, ijin serta masa kadaluarsanya,” imbuhnya.

Dalam pelaksanaan sidak di swalayan Tiara Dewata di Denpasar dan swalayan Pepito di Canggu, Badung, tidak ditemukan adanya makanan maupun minuman yang melanggar peraturan. Sehingga, dapat dipastikan produk tersebut layak dijual dan dikonsumsi.

Pada kesempatan tersebut, tim juga melakukan pengecekan terhadap paket parcel hari raya. Dari hasil pengecekan, parcel hari raya telah memenuhi persyaratan dan dibubuhi stempel garansi produk. (*/Sir)