Melongok Manfaat Posyandu bagi Masyarakat di Denpasar Barat

oleh
Layanan Posyandu Paripurna di Banjar Muliawan, Desa Tegal Kerta, Kecamatan Denpasar Barat, Denpasar, Senin (16/7/2018). (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Camat Denpasar Barat AAN Made Wijaya menutup kegiatan Posyandu Paripurna di Br. Muliawan, Desa Tegal Kerta, Kecamatan Denpasar Barat, Denpasar, Senin (16/7/2018).

Dalam sambutannya, Made Wijaya mengatakan Posyandu berperan strategis dalam upaya pencegahan penyakit dan perbaikan gizi masyarakat. Itu sebabnya, PKK Kota Denpasar gencar mengadakan posyandu yang menyasar ke banjar-banjar. Sehingga, manfaatnya sangat dirasakan masyarakat.

Lantaran banyak manfaat posyandu yang dirasakan masyarakat, banyak orangtua yang datang untuk mendapatkan pelayanan posyandu meski mereka tergolong mampu secara ekonomi membawa anaknya ke dokter.

“Kami sangat senang semua masyarakat di Kecamatan Denpasar Barat memanfaatkan pelayanan posyandu yang ada,” kata Wijaya.

Selain memberikan pelayanan untuk imunisasi dan tambahan makanan bergizi untuk balita dan lansia, Posyandu juga memberikan penyuluhan pada masyarakat bagaimana perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

“Di samping mendapatkan pelayanan kesehatan, masyarakat juga mendapat pemahaman tentang perilaku hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

Perbekel Desa Desa Tegal Kerta, I Putu Tresnajaya mengatakan pelaksaan posyandu di Desa Tegal Kerta, khususnya di Banjar Muliawan, telah berjalan rutin tiap bulan. Bahkan, pelaksanaan posyandu sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat terutama para lansia, ibu hamil, dan balita.

Bahkan, kata dia, dalam pelaksanaannya para lansia rutin mengikuti senam. Di Banjar Muliawan, pelaksanaan Posyandu menyasar 111 lansia, 8 ibu hamil, dan 77 balita. (*/Sir)