Melongok Keragaman Oleh-oleh Khas Bali

oleh
Kerajinan perak Celuk Bali. (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Bali memang memesona. Daya tariknya tak lekang ditelan zaman. Tak heran bila Pulau Dewata ini selalu menjadi destinasi wisata prioritas bagi wisatawan mancanegara dan domestik. Selain keindahan alam dan kulinernya yang menggugah selera, oleh-oleh khas Bali pun tak kalah menarik untuk dimiliki sebagai kenang-kenangan.

Bicara soal oleh-oleh, ada beberapa jenis yang sayang jika tidak dibeli saat berkunjung ke Bali. Oleh-oleh khas Bali itu, di antaranya, kerajinan perak celuk Bali, kerajinan manik-manik Bali, batik Bali, dan joger.

Kerajinan Perak Celuk Bal. (Ist)i

Kerajinan Perak Celuk Bali

Dikenal sebagai daerah penghasil kerajinan perak terbaik di Bali sejak tahun 1976, Desa Celuk semakin dikenal wisatawan. Kerajinan perak khas Desa Celuk ini sangat beragam bentuk dan jenisnya, mulai dari perhiasan, patung sampai sendok dan garpu.

Jika tak punya waktu untuk berkunjung secara langsung ke Desa Celuk, Anda tak perlu khawatir. Kerajinan perak ini juga bisa Anda dapatkan di pasar seni yang tersebar di Bali, seperti Pasar Sukawati dan kawasan Nusa Dua.

 

Kerajinan manik-manik Bali. (Ist)

Kerajinan Manik-manik Bali

Setelah kerajinan peraknya yang sangat cantik, Bali juga punya kerajinan manik-manik yang beragam dan tak kalah cantik. Dengan kreativitasnya, warga Bali mampu menciptakan berbagai aksesoris manis dari manik-manik seperti kalung dan gelang. Selain aksesoris tubuh, manik-manik juga bisa disulap menjadi pouch cantik yang bisa menjadi hadiah manis untuk sahabat Anda di kota asal.

Tak sulit menemukan kerajinan manik-manik ini di Bali. Anda bisa membelinya di hampir semua pasar yang terdapat di Pulau Dewata ini. Selain itu, oleh-oleh ini juga banyak dijajakan berkeliling di banyak tempat wisata di Bali.

 

Batik Bali. (Ist)

 

Batik Bali

Ternyata, Bali juga memiliki batik khas. Agar koleksi batik Anda semakin lengkap, jangan lupa mampir ke Batik Galuh Bali yang berada di Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati. Datang ke Batik Galuh, Anda tak hanya bisa membeli produknya. Anda bisa melihat proses pembuatan kain batik, bahkan juga ikut belajar membatik. Selain dijual dalam bentuk kain lembaran, batik di sini juga dijual dalam bentuk produk jadi seperti gaun, kemeja, dan tas.

 

Joger. (Ist)

Joger

Belum ke Bali kalau belum mampir ke Joger. Dengan slogannya ‘Pabrik Kata-kata’, Joger memang identik dengan desain produknya yang menggunakan permainan kalimat menggelitik sekaligus sarkastik. Beragam produk Joger yang bisa Anda beli sebagai oleh-oleh, di antaranya kaos, sandal, mug, tas, dan gantungan kunci.

Tak usah ragu! Langsung saja datang ke Jalan Raya Denpasar– Bedugul Km. 37,5. Tak usah ditahan jika Anda ingin tertawa begitu membaca kalimat-kalimat iseng di tokonya. (Dbs/Sir)