Manfaatkan Plat Nomor Bekas, Polisi Ini Ajari Murid SD Membuat Antena TV

oleh
Aiptu I Nyoman Sudiarka memperagakan cara membuat antena TV dengan memanfaatkan plat nomor bekas. (Ist)
banner 300250

Karangasem, suarabali.com – Aiptu I Nyoman Sudiarka ini layak jadi teladan.  Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Selat, Karangasem, ini mengajari murid-murid SD Negeri 1 Muncan membuat antena TV dengan memanfaatkan barang-barang bekas, Rabu (10/4/2019).

Di hadapan para murid, Aiptu I Nyoman Sudiarka memberikan contoh cara membuat antena TV dengan memanfaatkan plat kendaraan bekas. Barang bekas tersebut dirakit secara bertahap agar para murid cepat dan mudah mengerti.

Hasilnya, gambar di televisi bisa ditonton dengan jelas. Satu hal yang perlu diperhatikan agar gambar televisi terlihat jernih adalah penempatan antena itu sendiri.

Aiptu I Nyoman Sudiarka mengatakan, apa yang dia lakukan merupakan tindak lanjut dari program Kapolres Karangasem yang disebut IBAPE.

“IBAPE adalah salah satu program Polres Karangasem dalam mendukung pendidikan di kalangan usia sekolah dengan mengintensifkan Bhabinkamtibmas untuk pendidikan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, program IBAPE dibuat untuk mendukung pemerintah di bidang pendidikan, terutama dalam mengentaskan buta aksara di wilayah Karangasem.

Tidak hanya memberikan bimbingan belajar, Bhabinkamtibmas juga memberikan dorongan moril sekaligus motivasi bagi warga untuk lebih giat belajar dan meningkatkan mutu pendidikan.

“Saya sengaja memberikan pelajaran tambahan berupa pembuatan antena untuk memotivasi kreativitas siswa. Selain itu, saya juga melaksanakan door to door system untuk memotivasi warga kurang mampu untuk menyekolahkan putra-putrinya agar tidak putus sekolah,” terang Aiptu I Nyoman Sudiarka. (*)