Makanan Siap Saji Indonesia Yang Ada Disemua Kota

oleh
Indonesia punya makanan siap saji yang ada disemua propinsi
banner 300250

Suarabali.com – Indonesia punya ribuan jenis resep masakan. Namun dari banyaknya resep itu, ada jenis makanan yang selalu siap saji dan ada disemua kota, disemua pulau, disemua propinsi se nusantara.

Artinya masakakan jenis ini akan selalu ada disemua wilayah, kemanapun kita berpergian. Dan ketika kita memesannya, maka akan disajikan sangat cepat dan efisien, tidak usah menunggu lama saat dimasak.

1. Nasi Padang
Juara nomer satu ada disemua pulau dan cepat disajikan adalah: nasi Padang. Seluruh daerah di Nusantara pasti ada rumah makan padang. Masakannya pun beragam, dari ikan sampai ayam ada. Sedangkan untuk sayur yang paling top tentu saja sayur daun singkong. Masakan padang itu khas dengan kuah yang lezat. Pelengkap yang harus ada tentu sambel ijonya yang pedes.

2. Nasi Warteg
Warteg adalah makanan “sejuta umat”. Warung Tegal ada disemua kota, semua kampung, dan semua pulau. Teman sambil becanda bilang, bahwa jumlah warteg di Indonesia melebihi jumlah penduduknya, ini menunjukan saking banyaknya warteg. Menu makanan didalam warteg juga sangat beragam. Pilihan nasinya bisa dipesan setengah atau full. Diwarung warteg inilah teknologi “touch screen” pertama didunia ditemukan, soalnya pengunjung tinggal tunjuk jari dikaca maka makanan akan disendokan kedalam piring.

3. Sate ayam dan kambing
Tidak ada makanan daging bakar dinegara ini yang paling populer dan terbanyak jika itu bukan sate ayam atau kambing. Penjual sate ada dimanapun. Sate dikatakan sangat khas Asia, inilah barbeque ala Asia yang paling orisinal.

4. Bakso
Bakso terbuat dari daging sapi, varian lainnya dibuat dari ikan atau tepung kanji. Ada yang pakai daging ayam, ikan, udang, ada juga yang dari jamur. Penyajian menu ini cukup cepat, karena bakso tinggal dipanasi dalam kuah lalu disajikan. Dalam semangkuk bakso biasanya ada mie kuning, bihun, tahu, bakso kering dan sawinya.

5. Soto
Soto ini adalah makanan yang penyajiannya cepat juga. Soto pun di tiap daerah di Indonesia juga banyak jenisnya, misal soto lamongan, soto lenthok, soto betawi, soto kudus dan soto-soto lainnya.

Paling enak itu kalau makan soto waktu masih panas dan pedas. Ini akan membuat keringatan habis basah kuyup, apa lagi ditambah sambel yang banyak biar tambah keringatan. Pelengkap dari soto yang nggak boleh ketinggalan adalah jeruk nipis. Kalau kamu makan soto, coba deh bandingin sebelum dikasih jeruk nipis, sama sesudah. Rasanya pasti lebih seger setelah dikasih jeruk.

Selain itu biasanya di meja sudah ada tuh yang lainnya buat nemenin makan soto. Ada tempe, perkedel kentang, sate daging ayam, sate telur puyuh, kerupuk pokoknya macem-macem deh. Tapi jangan lupa, kalau ambil peengkap yang itu harus bayar ya. Jangan bilang nggak ada tambahan padahal habis banyak tuh.

6. Bubur Ayam
Bubur ayam ini rasanya juga nggak kalah dari makanan yang lain. Perpaduan antara nasi yang sudah jadi bubur, dengan kuah yang khas ditambah ayam, kacang kriuk, cakwe rasanya mantab deh. Bubur ayam ini tiap daerah juga bermacam-macam jenisnya. Yang telas ada bubur sama ayamnya. Komponen lainnya menyesuaikan daerah masing-masing.

 

Beri Komentar