Lukisan Dali Yang Dicuri 1954 Disita di Lebanon

oleh
banner 300250

Lebanon, suarabali.com – Polisi Lebanon mengatakan bahwa mereka telah menemukan kembali potret asli karya lukis seniman terkenal dari aliran Realisme surealis, Salvador Dali. Aparat menangkap empat tersangka pencuri saat mereka menyimpan lukisan tersebut dalam upaya untuk menjualnya dipasar gelap.

Dalam sebuah pernyataan, Pasukan Keamanan Internal Lebanon mengumumkan bahwa karya seni tersebut telah disita pada tanggal 13 Oktober menyusul penyelidikan skala besar yang dilakukan oleh unit polisi peradilan negara yang menangani kejahatan internasional. Operasi tersebut dilakukan sejalan dengan “perang melawan kejahatan pencurian dan perdagangan barang antik,” katanya

Empat pria, tiga orang Syria dan satu warga Lebanon, ditahan dalam grebekan mendadak tersebut. Polisi menemukan kembali apa yang mereka yakini sebagai “Potret Nyonya James Reeves,” yang dilukis oleh seniman Salvador Dali pada tahun 1954.

Para tersangka “sedang mengerjakan lukisan itu” dengan maksud menjualnya saat polisi menyerbu kerumah mereka, kata pernyataan tersebut.

Tidak ada rincian yang diberikan kapan karya seni itu hilang dicuri, hanya dikatakan pihak Polisi bahwa mereka telah mencurinya dari negara tetangga, tanpa menyebutkan detail lebih lanjut.

Kanvas itu “mungkin yang asli”, dan jika keasliannya diverifikasi, lukisan ini diperkirakan bernilai jutaan dolar.

Belum terungkap bagaimana pelaku berhasil merebut kanvas berukuran 147 x 92 cm (57,87 x 36,22) dari pemiliknya, yang belum teridentifikasi juga.

Potret tersebut dibeli di rumah lelang Christie di London pada tahun 1997 dan terjual 89.500 poundsterling (sekitar $ AS 118230) – jumlah yang sedikit lebih rendah daripada perkiraan pemerintah Lebanon. Setelah itu disimpan dalam koleksi pribadi, sesuai dengan data katalog di situs Gala-Salvador Dali Foundation.

Rekor penjualan lukisan maestro Salvador Dali dipegang oleh lukisan berjudul “Portrait de Paul Eluard: terjual dengan harga selangit $ 22.4 juta. (Hsg)