Lomba Hacker Tingkat Nasional Digelar di Bali

oleh
banner 300250

Badung, Suarabali.com – Lomba Hacker tingkat nasional atau yang dikenal dnegan nama Cyber Jawara tahun ini digelar di Bali. Lomba yang telah berlangsung selama enam tahun ini, sejak tiga tahun terakhir selalu digelar bersamaan dengan even seminar dan workshop internasional terkait keamanan siber Code Bali.

Dalam ajang kompetisi Cyber Jawara, tiap tim yang terdiri dari tiga orang harus bisa menunjukkan kemahiran menemukan celah (capture the flag), melakukan uji penetrasi, melakukan pertahanan jaringan dan analisa forensik digital serta membuat pelaporannya secara rinci dan mudah dibaca para pengambil kebijakan. Pemenang Cyber jawara akan dikirim ke Bangkok Thailand untuk mengikuti lomba di tingkat ASEAN.

“Meski belum pernah lolos di tingkat ASEAN, kami optimis tahun ini bisa menembus tingkat Asia dan dunia. Memang butuh jam terbang untuk terus berlatih memecahkan sebanyak-banyaknya kasus”, ucap Rudi Lumanto. Selasa (26/09/2017)

Tim yang menang rencananya juga melanjutkan bertarung di Bangkok untuk level ASEAN. Jika tim itu berhasil di level ASEAN, mereka akan dikirim untuk berlomba ke level Asia di Tokyo, lalu level dunia di Las Vegas Amerika Serikat.

“Tahun ini, ajang final Cyber Jawara dikuti oleh 20 tim yang telah lolos mengikuti uji via on-line dari hampir semua provinsi se-Nusantara,” imbuh Rudi

Selain ajang Cyber Jawara, Code Bali 2017 juga menyajikan pameran (exhibition) sejumlah peralatan dan teknologi tercanggih serta terkini dalam dunia keamanan siber yang disajikan perusahaan-perusahaan kelas dunia.

Pakar sistem keamanan siber Prof Andrew Martin dari Oxford University akan menyampaikan pidato kunci saat pembukaan seminar internasional pada Rabu 27 September 2017.

Andrew Martin adalah salah satu pakar keamanan siber yang mampu melihat cyber security secara holistik, khususnya di secure computing dan cloud.

Even CodeBali 2017 yang berlangsung dari Selasa hingga Jumat 26-29 September 2017 juga menyelenggarakan sejumlah Workshop seperti Forensik digital, analisa Malware, Creating managing CSIRT dan uji penetrasi Internet of Everything.(mkf)