Lenovo Akan Luncurkan Ponsel 5G Pertama di Dunia

oleh
Ilustrasi. (Ist)
banner 300250

Jakarta, suarabali.com – Saat ini kita sedang berada di dunia teknologi 4G. Dengan teknologi ini kita dapat mengakses internet dengan kecepatan tinggi. Menggunakan teknologi 4G, mampu menghadirkan kemampuan kecepatan download hingga 100 Mbps. Namun, berita mengenai teknologi 5G sudah menyebar cepat di internet.

Dikutip dari laman teknologi.id, persaingan membuat ponsel 5G pertama di dunia semakin ramai. 5G adalah teknologi Generasi Kelima dari teknologi seluler. Kali ini, Lenovo mengatakan akan menjadi produsen pertama di dunia yang merilis ponsel yang mendukung jaringan ini. Hal ini di katakan oleh Vice President Lenovo, Chang Cheng.

Cheng mengatakan, “perusahaannya tengah menyiapkan ponsel baru yang dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 855. Ponsel inilah yang diklaim bakal jadi perangkat pertama dengan kemampuan jaringan 5G”. Ia tak mengungkapkan lebih jauh spesifikasi lain soal ponsel yang tengah dipersiapkan.

Kemungkinan besar ponsel 5G Lenovo ini akan hadir paling cepat pada Desember 2018 mendatang. Karena Snapdragon 855 sendiri belum secara resmi diluncurkan. Meskipun ungkapan Cheng ini dianggap sekadar omong kosong saja. Pasalnya beberapa waktu lalu, Cheng sangat vokal dalam mempromosikan Lenovo Z5 sebelum ponsel itu dirilis pada awal Juni.

Cheng berbicara seolah ponsel tersebut adalah flagship baru milik Lenovo tapi setelah diluncurkan, Lenovo Z5 ternyata mengisi kelas papan tengah. Oleh karena itulah klaim “menjadi vendor pertama yang merilis ponsel 5G” ini juga kemudian dipertanyakan.

Samsung, Huawei dan beberapa vendor lain menyatakan kesiapannya untuk merilis perangkat ini setidaknya tahun depan. Kesiapan vendor smartphone di dunia kini memang tengah berlomba membuat smartphone yang mampu menghadirkan koneksi internet super cepat 5G.

Terlebih Samsung beberapa waktu lalu menjanjikan peluncuran perangkat ini tepat waktu yakni sekitar awal 2019 mendatang. Huawei pun demikian, bahkan perusahaan ini rela berinvestasi besar-besaran demi menjadi pelopor penggunaan jaringan 5G di dunia. Namun, Huawei menyatakan kesiapannya untuk merilis ponsel 5G pertama setidaknya pada kuartal ketiga 2019 mendatang.

AT&T dan Verizon menjadi yang pertama mengumumkan dukungannya atas jaringan ponsel 5G. Untuk ketersediaan jaringan, 5G sendiri memulai debutnya di Amerika Serikat. Baik Verizon maupun AT&T berencana merilis jaringan 5G di tiga hingga lima wilayah AS pada tahun ini.

Tidak disebutkan wilayah mana saja yang menjadi sasaran kedua operator ini, tapi yang pasti baik Verizon maupun AT&T telah menggandeng mitra untuk merealisasikan rencana mereka.

Keberadaan 5G sendiri juga digadang-gadang akan menjadi tonggak pertumbuhan Internet of Things di dunia.

Jaringan 5G memiliki beberapa keunggulan ketimbang 4G. Selain dari kecepatan, 5G diklaim lebih hemat daya dan akan berpengaruh pada perangkat yang digunakan.  (*)