Lembaga Kearsipan Bali Raih Juara Kedua Tingkat Nasional

oleh
Sekda Provinsi Bali Dewa Indra mewakili Pemprov Bali menerima penghargaan juara kedua Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Provinsi Terbaik Tingkat Nasional. (Ist)
banner 300250

Makasar, suarabali.com – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DAP) Provinsi Bali meraih penghargaan juara kedua Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Provinsi Terbaik Tingkat Nasional. Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin di Hotel Rinra, Makasar, Sabtu (27/4/2019).

ANRI Award Tahun 2019 itu diberikan kepada LKD tingkat provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia yang telah menunjukkan keseriusan dan keunggulannya dalam tata kelola kearsipan di wilayahnya masing-masing.

Penghargaan untuk Bali diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bali. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DAP) Provinsi Bali meraih penghargaan juara kedua. Sementara juara pertama diraih LKD Provinsi Sulawesi Tengah, diikuti berturut-turut Provinsi Gorontalo, Provinsi Sulawesi Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan Provinsi Papua.

Sedangkan untuk tingkat kabupaten/kota diraih oleh Kota Banjar Baru, Kabupaten Banjar, Kota Mataram, Kabuupaten Sumbawa, Kota Tidore Kepulauan, dan Kabupaten Manggarai Barat.

Penghargaan ANRI Award diberikan atas kerja keras Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DAP) Provinsi Bali dalam tata kelola kearsipan di wilayah Bali.

“Kriteria penilaiannya meliputi banyak hal seperti pengolahan, pencatatan, kebijakan, ketersediaan sarana prasarana, pemanfaatan teknologi informasi, pembinaan, dan hal-hal lain terkait tata kelola kearsipannya,” kata Kepala DAP Provinsi Bali Luh Putu Haryani.

Semua dilengkapi dengan pemeriksaan bukti-bukti fisik dan tim penilai pusat turun ke daerah tanpa sepengetahuan LKD yang dinilai. “Penilaian dilaksanakan selama hampir 3 bulan, dari bulan Februari sampai dengan April 2019,” jelas Haryani. Tahun sebelumnya, DAP Provinsi Bali mendapatkan juara empat. (*)