KPUD Gelar Debat Cagub-Cawagub Bali Hari Sabtu

oleh
Ilustrasi. (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bali akan menggelar debat calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali di Nusa Dua, Badung pada Sabtu, 28 April 2018. Kedua pasangan calon (paslon), Wayan Koster dan Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Koster-Ace) serta Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dan I Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta) akan adu program pada acara tersebut.

Ketua KPUD Bali  I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mengatakan debat calon kepala daerah Provinsi Bali akan berdurasi 120 menit dan disiarkan secara langsung (live) di salah satu televisi swasta pada Sabtu (28/4/2018) pukul 19.30 hingga 21.30 WITA.

Debat pertama ini akan mengusung tema: memajukan dan menyelesaikan pesoalann daerah. Subtemanya tentang ekonomi, pariwisata, pertanian, dan lingkungan hidup.

“Untuk mekanisme debat, KPU mempersiapkan atau membentuk tim perumus.  Untuk tim perumus ini, kami bersurat kepada sejumlah perguruan tinggi yang juga sudah disetujui oleh tim kampanye,” kata Raka Sandi di Denpasar, Selasa (24/4/2018).

Untuk bidang ekonomi, menurut dia, tim perumusnya dari Undiknas, bidang pertanian dari Universitas Udayana, dan bidang pariwisata dari Sekolah Tinggi Pariwisata.

“Nama-nama  tim perumus sudah diberikan kepada kami dari perguruan tinggi tersebut.  Kami juga sudah melaksanankan beberapa kali rapat,”jelasnya.

Raka Sandi menjelaskan, pertanyaan yang diajukan kepada para kandidat telah dirumuskan oleh tim perumus yang kemudian diberikan kepada moderator. Setelah dari moderator, baru akan diberikan kepada para kandidat.

Pada segmen satu, kata dia, para kandidat akan menjelaskan visi dan misi. Di segmen kedua , para kandidat akan diminta menajamkan visi dan misi dan moderator akan membacakan pertanyaan-pertanyaan dari tim perumus.

Sedangkan segmen ketiga kembali membahas visi dan misi dan menjawab permasalahan di Bali. Lalu segmen empat, para kandidat akan menjawab foto bicara dan segmen video bicara. Sementara segmen enam, para kandidat akan debat. Segmen terakhir, mereka akan mengumumkan janji kampanye.

“Kalau untuk janji kampaye nanti akan dilakukan pengundian terlebih dahulu,” pungkasnya. (Dsd/Sir)