Komisi VIII DPR Apresiasi Kinerja BNPB dan BPBD Bali

oleh
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Sodik Mudjahid. (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Sodik Mudjahid mengapresiasi kinerja Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) Provinsi Bali. Mitra kerja Komisi VIII DPR ini dinilai tanggap menangani bencana alam Gunung Agung di Bali dan melakukan antisipasi tanggap darurat bencana.

“Saya mengapresiasi kinerja BNPB selama penanggulangan masalah bencana alam. Tidak hanya di Bali, namun di berbagai tempat di Indonesia,” kata Sodik saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Komisi VIII DPR RI yang mengunjungi kantor BPBD Bali, Senin (30/7/2018).

Politisi Partai Gerindra itu menambahkan, dalam menangani bencana gempa di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terjadi saat ini, BPBD Bali telah mengalihkan logistiknya untuk membantu penanggulangan bencana gempa di NTB.

Lebih lanjut, Sodik meminta pemerintah dan BNPB untuk membekali masyarakat agar tanggap bencana dalam penyelamatan diri. “Jika sudah terjadi bencana alam (erupsi), para pengungsi sudah benar-benar siap dalam menyelamatkan diri. Untuk itu, perlu pelatihan-pelatihan dan edukasi kepada masyarakat untuk persiapan jika benar-benar Gunung Agung erupsi,” jelas Sodik.

Politisi dapil Jawa Barat itu mengimbau pemerintah dan instansi terkait untuk menangani rehabilitasi korban trauma bencana alam. “Sedangkan soal bantuan untuk bencana alam, BNPB perlu adanya manajemen audit agar bisa dihitung standar angka dalam melakukan bantuan dan sumbangan untuk kejadian penaggulangan bencana alam,” tandasnya.

Di sisi lain, Sodik meminta BNPB bekerja sama dengan pihak terkait seperti Kementerian Sosial dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam menangani pengungsi bencana alam. (*)