Kecap Berusia 360 Tahun Jadi Santapan Makan Donald Trump

oleh
Nyonya KI pembuat "Jang", kecap asli disana yang berusia 360 tahun/ Ist
banner 300250

Korea Selatan, suarabali.com – Dari banyak hal yang mendapat perhatian saat kunjungan Presiden Donald Trump ada satu hal yang menyita perhatian jurnalis, yakni soal adalah makan malam kenegaraan yang diadakan di kantor kepresidenan, Cheong Wa Dae.

Saat acara makan kenegaraan di Cheong Wa Dae disajikan berbagai masakan Korea termasuk udang, bubur dan daging sapi yang dibuat dengan kecap berusia 360 tahun.

Di Korea Selatan, ternyata ada kecap fermentasi yang memakai resep berusia sampai 360 tahun.

Kecap, yang digunakan untuk tulang rusuk daging sapi dengan kuah daging, merupakan produk dari nyonya Ki Soon-do, usia 69.

Nyonya Ki dikenal sebagai pembuat ramuan “jang” terbaik, sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan saus fermentasi ala Korea seperti kecap.

Dengan resep pembuatan lebih dari 3 abad, kecapnya berwarna gelap dan memiliki cita rasa yang kaya yang berasal dari masa fermentasi yang panjang.

“Saya sangat terhormat dan bangga telah melayani Jang sebagai dasar masakan Korea, ini mewakili citarasa makanan Korea,” kata Ki.

Kecap buatan nyonya Ki adalah yang tertua dari 1.200 saus bisnis keluarganya yang berbasis di Kabupaten Damyang, Provinsi Jeolla Selatan. Ki telah mempertahankan bisnis ini selama 46 tahun terakhir sebagai warisan keluarga. (Hsg)