Kecamatan Gianyar Gelar Pemilihan Perbekel Serentak pada 19 Januari 2020

oleh
Deklarasi Pilkel Serentak Aman di Kecamatan Gianyar, Jumat (10/1/2020). (Ist)
banner 300250

Gianyar, suarabali.com – Lima hari kedepan, Pemerintah Kabupaten Gianyar akan menggelar Pemilihan Perbekel (Pilkel) serentak pada 19 Januari 2020. Terkait dengan pesta demokrasi ini, Kecamatan Gianyar menggelar deklarasi Pilkel Serentak Aman yang akan dilaksanakan oleh 4 desa di Kecamatan Gianyar, Jumat (10/1/2020).

Plt. Camat Gianyar I Wayan Widana mengatakan, ada empat poin yang disampaikan dalam deklarasi ini. Pertama, mewujudkan Pilkel Serentak yang aman, tertib, damai, berintegritas tanpa hoax dan politik uang. Kedua, melaksanakan Pilkel sesuai dengan segala peraturan dan tata tertib yang telah disepakati bersama.

Ketiga, siap menerima kekalahan dan mengakui kemenangan yang sah calon lain yang sesuai mekanisme dan tata tertib yang berlaku. Keempat, berkewajiban menyampaikan dan mengimbau isi deklarasi kepada para pendukung dan simpatisan untuk bersama-sama mewujudkan Pilkel aman di Kecamatan Gianyar.

Widana mengungkapkan, Kabupaten Gianyar yang hampir 70 persen PAD-nya (Pendapatan Asli Daerah) berasal dari pariwisata, sehingga kondusivitas, keamanan, dan kenyamanan di desa perlu dijaga.

“Intinya diimbau kepada para calon untuk siap menerima apapun hasil Pilkel, menang atau kalah. Dan kepada panitia harus menjaga netralitas selama penyelenggaraan Pilkel,” kata Widana.

Widana menambahkan, terdapat empat calon Perbekal yang akan bertarung di empat desa tersebut. Yakni, Desa Sumita sebanyak 3 orang calon dengan jumlah pemilih tetap sebanyak 2.065 orang dari 6 banjar se-Desa Sumita, terdiri dari 1.011 laki-laki dan 1.054 perempuan.

Desa Bakbakan sebanyak 2 orang calon dengan jumlah pemilih tetap sebanyak 4.272 orang dari 9 banjar se-Desa Bakbakan, terdiri dari 2.166 laki-laki dan 2.106 perempuan.

Selanjutnya, Desa Petak Kaja sebanyak 3 orang calon dengan jumlah pemilih tetap sebanyak 3.084 orang dari 4 banjar se-Desa Petak Kaja, terdiri dari 1.557 laki-laki dan 1.527 perempuan. Sementara Desa Sidan sebanyak 2 orang calon dengan jumlah pemilih sementara sebanyak 4.007 orang dari 7 banjar se-Desa Sidan, terdiri dari 1.990 laki-laki dan 2.017 perempuan.

Kapolsek Gianyar Ketut Suastika mengatakan pihaknya bersama TNI sudah menyiapkan personil yang ditugaskan melakukan pengamanan Pilkel Serentak tersebut. Sistem pengamanan, di setiap TPS akan disiagakan personil yang mengawasi dengan mekanisme yang sudah ditetapkan.

“Personil kita siagakan di luar TPS. Tidak di dalam TPS. Ini dalam rangka menjaga netralitas,” kata Suastika.

Suastika menambahkan, dalam pengamanan tersebut juga mendapat dukungan BKO dari Polres Gianyar kaitan dengan penyelenggaraan Pilkel Serentak di Kabupaten Gianyar. (*)