Karantina Pertanian Ende Perkuat Data Komoditas Pertanian

oleh
Kepala Karantina Pertanian Ende Yulius Umbu Hunggar saat bertemu dengan Bupati Ende Djafar Achmad, Kamis (7/11/2019). (Ist)
banner 300250

Ende, suarabali.com – Karantina Pertanian Ende meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Ende untuk data komoditas pertanian. Hal ini terkait dengan program kerja Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo untuk menghimpun data pertanian demi kelangsungan hajat masyarakat Indonesia.

“Data komoditas pertanian di Kabupaten Ende dan daerah lainnya di Flores penting untuk pemetaan. Beberapa daerah sekitar Ende seperti Kabupaten Nagekeo, Ngada, dan Manggarai Timur mengirimkan komoditas pertanian unggulan melalui Ende. Oleh karena itu, data yang sedang disusun ini penting untuk memetakan komoditas potensi ekspor dari Ende,” ujar Kepala Karantina Pertanian Ende Yulius Umbu Hunggar seusai bertemu dengan Bupati Ende Djafar Achmad, Kamis (7/11/2019).

Djafar mengapresiasi langkah ini sebagai tindak lanjut setelah pertemuan dengan Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil beberapa waktu di Jakarta. Pemerintah Kabupaten Ende akan mengembangkan daerah terutama untuk kawasan pelabuhan. Harapan kedepannya komoditas pertanian Ende bisa langsung ekspor.

“Dalam waktu dekat akan ada bea cukai, sehingga bisa mendorong ekspor komoditas pertanian Ende. Kapal Tiongkok nantinya bisa langsung masuk ke Ende. Pekan depan saya akan bertemu dengan syahbandar, perhubungan juga di pusat, berusaha maraton untuk bisa segera merealisasikannya,” tutur Djafar. (*)