Kapolri: Rekrutmen Bidang Humas dan Teknologi Informasi Diutamakan

oleh
Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian membuka Rakernis SDM Polri TA 2019 di Swiss-Belhotel Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (13/2/2019). (Ist)
banner 300250

Makassar, suarabali.com – Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. membuka Rakernis SDM Polri TA 2019 di Swiss-Belhotel Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (13/2/2019).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut diikuti para Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) seluruh Indonesia. Tahun ini, rakernis itu mengusung tema: SDM Polri Siap Menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Dalam sambutannya, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian meminta kepada seluruh sumber daya manusia (SDM) di tubuh Polri untuk bersiap menghadapi revolusi industri 4.0 atau revolusi generasi keempat.

Tito mengatakan Polri merupakan lembaga kepolisian terbesar kedua di dunia setelah China, dengan jumlah anggota sebanyak 443.379 personel. SDM sangat penting, karena berbeda dengan institusi lain dan Polri sangat tergantung kepada SDM-nya.

“Untuk itu agar dipastikan betul berapa jumlah SDM baru yang akan direkrut pada tahun ajaran 2019 ini. Gunakan sistem ratio dalam menghitung jumlah anggota Polri dan tidak bisa dijadikan patokan pada rekruitmen,” kata Tito.

“Usahakan minimum zero growth masih akan menjadi acuan dalam sistem perekrutan anggota Polri. Rekrutmen khusus bidang kehumasan dan teknologi informasi sangat diutamakan, karena 60 persen sumber daya manusia menentukan nasib Polri kedepan dan SDM berikutnya, sehingga harus dipertahankan,” tutup Kapolri. (Tjg/Sir)