Kapolri Paparkan Situasi Indonesia di Forum Bisnis Internasional

oleh
Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian saat menjadi pembicara di International Business Forum di STI Auditorium, Capital Tower, Singapura, Selasa (31/7/2018). (Ist)
banner 300250

Singapura, suarabali.com – Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian menghadiri undangan sebagai pembicara pada International Business Forum  (IBF) di STI Auditorium, Capital Tower, 168 Robinson Road, Singapura, Selasa (31/7/2018).

Dalam kegiatan yang dibuka oleh Executive Director of AmCham Ms. Ann Yom Steel itu, Kapolri Tito Karnavian menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi di Indonesia sangat stabil dalam periode 10 tahun terakhir.

Menurut Kapolri, jumlah tenaga kerja yang besar dan wilayah yang luas menjadi salah satu peluang yang tentunya dimanfaatkan pemerintah Indonesia. “Dalam mendorong masuknya investasi asing,” kata Kapolri pada awal paparannya.

Selain itu, menurut Kapolri, peluang lain yang dimiliki Indonesia berasal dari situasi politik regional, nasional, dan lokal Indonesia yang sangat stabil. Hal itu didukung peran Kepolisian Negera Republik Indonesia yang mengemban tugas dan fungsi pemeliharaan situasi Kamtibmas serta menciptakan stabilitas keamanan yang kondusif.

“Di sisi lain, Kementerian Dalam Negeri juga senantiasa mendukung terciptanya iklim investasi yang kondusif,” imbuh orang nomor satu di institusi Polri ini.

Menurut Riset Price Watehouse Copers, Tito menambahkan, Indonesia diprediksi sebagai negara dengan GDP ke-5 di dunia pada 2030 dan ke-4 pada 2050. “Selain itu, Indonesia merupakan negara teraman ke-9 di dunia berdasarkan riset Gallup 2018, Global Law and Order Report,” ujar Kapolri.

Kapolri memandang pencapaian tersebut menjadi bukti dunia internasional saat ini mulai melirik Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Kapolri juga menyampaikan beberapa upaya yang sudah dilakukan Polri dalam mendukung iklim investasi di Indonesia. Di antaranya, mengoptimalkan peran Satgas Saber Pungli, membentuk Satgas Pangan, peningkatan pelayanan publik berbasis IT, melaksanakan pengamanan objek bidang industri dan investasi secara optimal serta menjamin penyelenggaraan Pemilu berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif.

Kegiatan International Business Forum di  Singapura itu juga dihadiri oleh HE Ngurah Swajaya selaku Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Mr. Victor Mills selaku Executive Director Singapore International Chamber of Commerce, Ms. Ann Yom Steel selaku Executive Director American Chamber Of Commerce, Dr. Michael Goutama selaku Chairman Indonesia Chairman of Commerce and Industry (KADIN) Singapore Committee, Mr. Teo Siong Seng selaku Chairman of Singapore Business Federation, dan Mr. Douglas Foo selaku Chairman of Singapore Manufacturing Federation. (*)