Kapolda Papua Bantu Korban Campak dan Gizi Buruk di Kabupaten Asmat

oleh
Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar mengunjungi warga korban campak di Distrik ATSJ, Kabupaten Asmat, Kamis (18/1/2018). (Foto: Divhumas Polri)
banner 300250

Jayapura, suarabali.com – Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar berkunjung ke Distrik ATSJ, Kabupaten Asmat, Papua, Kamis (18/1/2018). Kunjungan ini bertujuan untuk memberi bantuan dan melihat langsung kondisi warga yang terkena wabah penyakit campak (morbili) dan gizi buruk di distrik tersebut.

Dalam kunjungan ini, Kapolda Boy Rafli didampingi Direktur Pol Air Polda Papua, Karo Logistik Polda Papua, Kabid Dokkes Polda Papua, Wadir Binmas Polda Papua, Kapolres Asmat. Rombongan  disambut Sekda Kabupaten Asmat dan Kepala Distrik ATSJ Kabupaten Asmat.

Agar tiba di lokasi, Kapolda bersama rombongan menempuh perjalanan selama dua jam dari  Kota Agats melalui jalur laut.  Rombongan berangkat pukul 06.30 WIT menggunakan speedboad Polair dan tiba di Distrik ATSJ, Kabupaten Asmat,  pukul 08.00 WIT.

Kapolda bersama rombongan melanjutkan perjalanan menggunakan sepeda motor listrik dari Polsek ATSJ menuju Puskesmas ATSJ. Di tempat tersebut, Kapolda Boy Rafli menjenguk warga yang sedang dirawat di Puskesmas.

“Dalam kesempatan itu, Bapak Kapolda juga memberikan tali asih kepada masyarakat. Bahkan, sempat menggendong dan bercanda dengan balita,” kata Karopenmas Divhumas Polri Brigjen M. Iqbal, Kamis (18/1/2018).

Usai menjenguk para pasien,  Boy Rafli  juga menyerahkan bantuan untuk warga Distrik ATSJ yang diterima oleh Kepala Puskesmas Distrik ATSJ Ambrosius Oktan. Bantuan yang diberikan berupa makanan siap saji seperti biskuit, susu, dan lain sebagainya.

“Hari ini (Kamis, 18/1/2018) kita telah tiba di Distrik ATSJ Kabupaten Asmat dengan jarak tempuh perjalanan dua jam dari Kota Agats dengan sarana angkut laut. Kita juga sudah melihat berapa ibu dan anak yang mengalami sakit campak dan malaria yang dirawat dan sedang berobat di Puskesmas Distrik ATSJ,” kata Kapolda Papua Irjen Pol. Boy Rafli Amar.

Dalam kesempatan itu, Kepala Puskesmas Distrik ATSJ Ambrosius Oktan mengatakan beberapa warga yang kekurangan gizi akan dievakuasi oleh Tim Satgas untuk mendapat perawatan yang lebih baik.

“Mudah-mudahan dalam beberapa hari kedepan, paling tidak kita bisa memberikan pelayanan kepada mereka yang memang perlu secara intensif mendapat perawatan. Terutama mereka yang kekurangan gizi, karena mereka perlu mendapat perhatian khusus,” katanya.

Tim Dokkes Polda Papua dan beberapa petugas Dinas Kesehatan setempat akan melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Distrik ATSJ untuk beberapa hari kedepan.

Ambrosius Oktan juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kapolda Papua di Distrik ATSJ dan kepedulian Polri terhadap kasus yang terjadi di Tanah Asmat. “Semoga kedepannya lebih bagus lagi menjalin kerja sama untuk membangun Kabupaten Asmat,” katanya. (Tjg/Sir)