Kapolda Bali Terima Gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Udayana, Ini Dasarnya

oleh
Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose menerima gelar doktor kehormatan dari Universitas Udayana Bali. (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose menerima gelar doktor kehormatan (doctor honoris causa) dari Universitas Udayana Bali. Prosesi penyerahan gelar doktor kehormatan ini berlangsung di Gedung Auditorium Widya Sabha Universitas Udayana, Sabtu (20/4/2019).

Dalam kesempatan itu, Ketua Senat Universitas Udayana Prof. Dr. Ir. Dewa Ngurah Suprapta menyampaikan ucapan selamat kepada Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose atas penganugerahan gelar doktor kehormatan yang sudah dianggap memenuhi persyaratan oleh Universitas Udayana.

Dia juga menyampaikan harapannya agar Kapolda Bali itu selalu mengingat dan menjaga kehormatan serta bersama-sama memajukan Universitas Udayana.

Menurut Dewa Ngurah Suprapta, pemberian doktor kehormatan itu merupakan salah satu kepedulian Universitas Udayana kepada anak bangsa yang telah menunjukkan prestasi yang luar biasa dan menunjukkan kontribusi yang luar biasa dalam bidang ilmu tertentu.

Dia mengatakan penganugerahan gelar doktor kehormatan i kepada Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose sudah melalui proses dan rangkaian berbagai tahapan seperti melakukan Sidang Komisi Senat, terakhir dibahas di Sidang Paripurna Senat pada 12 April 2019. Semua proses itu berjalan lancar.

“Dinyatakan bahwa Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose memenuhi peryaratan mendapatkan Penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan,” ucap Prof. Dr. Ir. Dewa Ngurah Suprapta.

Dia mengatakan Kapolda Bali secara nyata telah berkontribusi, tidak hanya kepada Universitas Udayana, tetapi yang lebih penting juga sudah memberikan kontribusi nyata dalam menciptakan kedamaian, ketertiban, dan ketenteraman di Bali.

“Kedamaian, ketertiban, dan ketenteraman adalah syarat mutlak untuk terciptanya suatu kecerdasan dan kesejahtraan. Jika tidak damai tidak mungkin kita bisa mencita-citakan sebuah bangsa yang sejahtera dan masyarakat yang berbahagia,” paparnya.

Dia menambahkan, ilmuan yang mempunyai gelar doktor diharapkan mempunyai kontribusi yang nyata, tidak saja untuk di lapangan tetapi juga kontrinusi nyata terhadap bidang keilmuannya.

“Oleh karena itu, kami menganggap bahwa pengalaman-pengalaman yang ditulis di beberapa bukunya sesungguhnya memberikan khasanah dan wawasan baru bagi perkembangan ilmu hukum. Inilah sebagai persyaratan doktor kepada Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose,” ungkapnya.

“Setelah dikalungkan kalung kehormatan ini, bapak akan menjadi bagian dari Universitas Udayana,” imbuh Ketua Senat Universitas Udayana itu. (*)