Kadisdikpora Denpasar Klarifikasi Informasi PPDB Online yang Simpang Siur

oleh
Kepala Disdikpora Kota Denpasar I Wayan Gunawan menjelaskan mekanisme Penerimaan Peserta Didik baru (PPDB) Tahun Ajaran 2019/2020. (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar I Wayan Gunawan mengklarifikasi beredarnya informasi mengenai adu cepat mendaftar lewat online untuk Penerimaan Peserta Didik baru (PPDB) Tahun Ajaran 2019/2020. Gunawan mengatakan hal ini hanya berlaku bagi kuota terkahir pada jalur Zonasi Lokasi Terdekat saja.

“Sebuah sekolah mencari 100 peserta didik dan yang terdaftar banyak. Dari seluruh pendaftar sudah terpenuhi 99 calon peserta didik. Nah, kursi terakhir ini saja yang akan ditentukan melalui cepat-cepatan masuk ke sistem, inilah kerja sistem,” tutur Gunawan kepada wartawan soal pendirian Posko PPDB yang berlokasi di Rumah Pintar, Kota Denpasar, Rabu (19/6/2019).

“Pendirian posko tersebut diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa dalam mendapatkan informasi seputaran PPDB Kota Denpasar tahun 2019,” kata Gunawan didampingi Sekdisdikpora Kota Denpasar AA Made Wijaya Asmara di Denpasar.

Gunawan menjelaskan, PPDB tahun 2019 dilaksanakan sesuai dengan amanat Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 dan Perwali Nomor 28 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang Pendidikan Tamman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menangah Pertama.

Dalam PPDB ini, terdapat beberapa jalur yang ditetapkan, yakni Jalur Siswa Kurang Mampu, Jalur Zonasi Lingkungan Jarak Terdekat, Jalur  Zonasi Wilayah Kawasan, Jalur Prestasi Akademik, Non Akademik dan Penghargaan PKB, serta Jalur Perpindahan Orang Tua.

Gunawan mengatakan saat ini verifikasi data PPDB telah berjalan sejak 17 Juni hingga 19 Juni, yang mana calon siswa diberikan nomor token untuk mengakses pendaftaran PPDB Kota Denpasar tahun 2019.

Dengan demikian, kata dia, seluruh tahapan akan dilanjutkan dengan pendaftaran Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua dan Jalur Prestasi Akademik, Non Akademik serta Penghargaan PKB  pada 20-22 Juni, Pendaftaran, Pendaftaran Calon Peserta Didik Kurang Mampu dan Inklusi serta Zona Lingkungan Jarak terdekat pada 24-25 Juni, serta Jalur Zonasi Wilayah Kawasan pada 27-29 Juni.

Untuk mendukung suksesnya pelaksanaan PPDB tahun 2019, kata Gunawan, pihaknya mendirikan Posko Terpadu PPDB di Rumah Pintar untuk memberikan informasi yang jelas bagi masyarakat atau calon peserta didik.

“Kami sudah merancang pendirian Posko PPDB yang dilengkapi oleh tenaga IT guna memberikan informasi yang lengkap bagi masyarakat dan calon peserta didik di Kota Denpasar, sehingga informasi yang didapat dengan jelas dan menghindari informasi yang simpang siur,” ujar Gunawan. (*)