Jelang Tahun Baru Imlek, Ekspor Sarang Burung Walet Meningkat

oleh
Sarang burung walet. (Ist)
banner 300250

Semarang, suarabali.com – Tahun Baru Imlek merupakan hal yang sangat penting dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat Tionghoa di berbagai belahan dunia. Perayaan ini biasanya berlangsung sangat meriah di berbagai negara.


Kurang lengkap rasanya merayakan Imlek tanpa makanan khas dan tentu saja enak. Sajian sarang burung walet (SBW) pun menjadi pilihan. Produk hewan ini dapat diolah menjadi berbagai sajian yang identik dengan masakan China, dan sekarang masih dicari-cari karena konon berkhasiat untuk kecantikan dan kesehatan.

Perayaan Imlek tahun 2020 tinggal menghitung hari. Bermacam persiapan mulai dilakukan. Salah satunya bahan baku sajian SBW dari Jawa Tengah yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari.

Mulai Sabtu (4/1/2020), tercatat ekspor SBW tujuan Hong Kong melalui Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang mengalami peningkatan. Jumlahnya mencapai 434,2 kilogram yang terbagi dalam 29 boks dalam 11 frekuensi pengiriman. Biasanya, frekuensi sertifikasi hanya 5 permohonan per hari.

“Bentuk SBW yang dikirim dalam keadaan bersih berupa hancuran, mess, mangkok, serta feet,” ujar Titi Rahardianti Purnomo, penanggung jawab wilayah kerja Bandara Ahmad Yani.

Tentunya, peningkatan ini berdampak positif pada peningkatan devisa negara. (*)