JCLEC Gelar Pelatihan First Aid Training untuk Pelaku Wisata

oleh
Sebanyak 96 pelaku wisata yang berasal dari berbagai hotel di Bali mengikuti pelatihan pertolongan pertama di Denpasar, Kamis (4/7/2019). (Ist)
banner 300250

Denpasar, suarabali.com – Jakarta Centre Law Enforcement Cooperation (JCLEC) bekerja sama dengan pemerintah Inggris mengadakan pelatihan pertolongan pertama (first aid training) kepada 96 pelaku wisata yang berasal dari berbagai hotel di Bali, Kamis (4/7/2019).

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ini merupakan rangkaian training of trainer (TOT ) Advanced First Aid Training and Mentoring.

Ada 12 instruktur yang memberikan pelatihan dari SPN Polda Bali, Biddokkes Polda Bali, RS Bhayangkara Denpasar, dan BPBD Bali. Mereka telah menjalani pelatihan sejak 24 Juni hingga 7 Juli 2019.

Selain memberi dukungan berupa program pelatihan, penyelenggara nantinya akan memberikan bantuan boneka manekin dan kit perlengkapan pertolongan pertama. Sehingga, pelatihan ini diharapkan berkesinambungan dan tersebar ke tingkat kewilayahan.

“Selain itu, juga diharapkan terjalin komunikasi yang mempermudah koordinasi antar instansi bila terjadi kejadian yang bersifat bencana, kecelakaan, dan lain-lain,” kata panitia.

Bali dipilih sebagai lokasi pelatihan karena merupakan destinasi wisata dunia yang rawan menjadi sasaran terorisme. Itu sebabnya, selain penanganan pertolongan pertama, peserta juga diajarkan penanganan trauma kecelakaan akibat bom. (*)