Jangan Anggap Remeh Satpol PP dan Satlinmas, Tito Sebut Itu Profesi Mulia

oleh
Mendagri Tito Karnavian saat memimpin acara peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (3/3/2020). (Ist)
banner 300250

Mataram, suarabali.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta berbagai pihak tidak menganggap remeh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlidungan Masyarakat (Satlinmas). Menurut Tito, kedua profesi itu sangat mulia.


Satpol PP adalah satuan pengemban fungsi kepolisian dalam kontek penegakan Perda dan Perkada di daerah masing-masing, sekaligus memelihara keamanan dan ketertiban umum. Demikian juga Satlinmas, bertugas menjaga keamanan, misalnya, menjaga proses rangkaian Pemilu dan Pilkada.

“Jadi, jangan anggap remeh Satpol PP dan Satlinmas. Keduanya profesi mulia,” kata Mendagri Tito Karnavian saat memimpin acara peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (3/3/2020).

Menurut Tito, tugas yang diemban Satpol PP dan Satlinmas adalah tugas mulia. Profesi sebagai Satpol PP dan Satlinmas juga adalah profesi mulia.

“Kenapa? Karena keamanan merupakan salah satu kebutuhan penting dalam kehidupan, baik kehidupan keluarga, kehidupan pribadi maupun kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sering kali kita menjadi under estimate atau menganggap remeh masalah keamanan,” kata Tito.

Padahal, kata dia, semua orang juga tahu betapa mahalnya rasa aman, setelah merasakan ketidakamanan. Jadi, kebutuhan akan rasa aman ini sama dengan kebutuhan akan kesehatan. Orang menyadari mahalnya kesehatan setelah dia didera sakit.

“Ketika tidak terjadi keamanan yang baik maka pemerintah dan masyarakat tidak dapat melaksanakan aktivitasnya.  Semua strategi, rencana program kegiatan, dan lain-lain dari pemerintah untuk membangun dalam rangka menyejahterakan rakyat tidak akan bisa terlaksana bila terjadi gangguan keamanan,” katanya.

Dalam konteks inilah, kata Tito, aparat  yang bertugas menjaga dan menciptakan rasa aman seperti kepolisian, Satpol PP, dan Satlinmas sangat penting. Dengan peran dan kontribusi mereka, membuat pemerintah bisa bekerja, masyarakat juga bisa beraktivitas.

“Inilah profesi mulia,  profesi yang mungkin kadang-kadang tidak diperhitungkan, tapi sangat penting artinya bagi pemerintah dan masyarakat. Untuk itu, saya minta rekan-rekan Satpol PP dan Satlinmas miliki rasa kebanggaan menjadi anggota Satpol PP, memiliki rasa kebanggaan menjadi anggota Satlinmas. Karena di bahu rekan-rekan tertumpu harapan dari seluruh bangsa Indonesia untuk berkontribusi menjaga keamanan dan ketertiban umum, baik di lingkungan masing-masing maupun dalam skala nasional,” ujar Tito. (*)